Jokowi Tak Gubris Ultimatum Mahasiswa, BEM SI Kembali Demo Depan KPK

Oleh: Stefanus Samuel
Senin, 27 September 2021 | 13:51 WIB
Demo ratusan mahasiswa BEM SI menuntut Presiden Jokowi batalkan pemecatan 57 pegawai KPK/SinPo
Demo ratusan mahasiswa BEM SI menuntut Presiden Jokowi batalkan pemecatan 57 pegawai KPK/SinPo

SinPo.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (27/9). 

Terpantau, ratusan mahasiswa tiba di kawasan gedung KPK sekitar pukul 11.00 WIB. Nampak personel polisi juga sudah berjaga mengamankan jalannya aksi demonstrasi tersebut. 

Aksi aliansi BEM SI masih terkait pemecatan 57 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasn kebangsaan (TWK). 

Kordinator bidang Media BEM SI 2021, Muhammad Rais mengatakan aksi demo kali ini menindaklanjuti ultimatum terakhir BEM SI kepada Presiden Joko Widodo terkait pemecatan 57 puluh pegawai KPK itu.

"Terlebih kita melihat kemarin sudah keluar SK pemberhentian terhadap 57 pegawai KPK. Kami berikan waktu 3x24 jam tidak ada jawaban, maka kami komitmen untuk turun ke jalan pada hari ini," terang Muhammad Rais. 

Digelarnya aksi demonstrasi BEM SI hari ini, kata Muhammad, BEM SI agar KPK tetap menjadi lembaga yang independen dan menjaga integritasnya. 

"Kami ingin KPK tetap menjaga marwah sebagai lembaga independen dan menjaga integritasnya. BEM SI melihat di pimpinan pak Firli Bahuri ini banyak sekali kecerobohan yang dilakukan dan kejanggalan yang terjadi khususnya pada TWK yang dinilai cacat formil dan mengganggu hal privasi dalam beragama," ujar Muhammad Rais. 

Ratusan mahasiswa BEM SI berdemo menuntut Presiden Joko Widodo membatalkan pemecatan 57 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). BEM SI juga menuntut Ketua KPK Firli Bahuri dipecat.sinpo

Komentar: