Pakar Politik : Reshuffle Kabinet Terjadi Pada Akhir Tahun

Laporan: Satria
Senin, 27 September 2021 | 14:10 WIB
Pakar Politik dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati/net
Pakar Politik dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati/net

SinPo.id - Pakar Politik dari Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati mengatakan kemungkinan besar reshuffle kabinet terjadi November atau Desember. Wasisto menilai Jokowi ingin menguji loyalitas para menterinya hingga akhir tahun.

“Saya pikir prosentase reshuffle itu malah justru menjelang akhir tahun, bisa November atau Desember. Hal ini dikarenakan Jokowi ingin menguji loyalitas para menterinya hingga akhir tahun. Apakah benar-benar setia bekerja atau sudah mulai mendua karena hampir mendekati tahun-tahun politik,” kata Wasisto saat dihubungi SinPo.id, Senin (27/9).

Menurutnya hingga saat ini belum terlihat mengenai Menteri mana yang sudah ‘mendua’ dari kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

“Saya pikir sejauh ini belum ada. Sebelumnya Menteri Airlangga pernah bertemu Surya Paloh dalam kapasitas sebagai sesama ketua partai koalisi,” ujar Wasisto.

Ia melanjutkan, bahwa Reshuffle kabinet tidak melulu soal pergantian menteri, namun bisa juga bisa dengan pertukaran jabatan antar menteri.

“Saya pikir pola reshuffle nanti tidak mesti selalu dengan masuknya sosok baru, namun juga bisa dengan pertukaran jabatan antar menteri,” tuturnya.sinpo

Komentar: