Dasco: DPR Belum Terima Surpres Nama Calon Panglima TNI

Oleh: Riri
Rabu, 15 September 2021 | 14:10 WIB
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad/SinPo

SinPo.id - Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menyebut, sejauh ini, Presiden Joko Widodo (Jokwoi) belum mengirimkan surat ke DPR terkait calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sekadar informasi, Hadi akan pensiun pada November 2021.

"Sampai saat ini, surat yang ditunggu-tunggu belum sampai ke DPR," tutur Dasco di Gedung DPR RI pada Rabu, (15/9).

Dasco mengatakan, memang ada aturan limit waktu perihal pengiriman calon Panglima TNI yakni, antara masa sidang ini atau awal masa sidang depan.

Kendati demikian, Dasco yakin, Jokowi punya pertimbangan sendiri mengapa belum mengirimkan nama calon Panglima TNI hingga saat ini.

"Mungkin selain pertimbangan sendiri, presiden juga menghitung waktunya nanti kita akan tunggu saja, kalau sudah sampai awak media dapat beritanya," kata Dasco.

Disinggung soal apakah DPR sudah mendapatkan bocoran nama-nama yang akan diusulkan Jokowi, Dasco mengungkapkan, menurut kabar yang ada, Jokowi masih menimbang nama-nama calon Panglima TNI.

"Kalo presiden msh mencari nama yang tepat, berarti presiden masih mencari bagaimana bocor ke kita. Wong katanya pimpinan belum dapat nama yang tepat, kita juga dalam posisi tidak ikut campur urusan beliau.," pungkas Dasco.

Sebelumnya, pimpinan 3 matra TNI memiliki kans sebagai Panglima TNI pengganti Hadi. Mereka adalah KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

Namun dari ketiga nama itu, Andika dan Yudo disebut sebagai dua kandidat terkuat yang dipertimbangkan Jokowi.sinpo

Komentar: