Waka DPR: Anggota Tak Pernah Tutupi Gaji Dan Tunjangan

Laporan: Vera
Rabu, 15 September 2021 | 14:24 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Repro
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Repro

SinPo.id - Anggota DPR RI Krisdayanti belum lama ini membuat heboh karena buka-bukaan perihal gaji, tunjangan, dan dana lainnya yang didapat anggota Dewan di Senayan.

Meski begitu, Krisdayanti meluruskan pernyataannya. Dia menyatakan, dana reses yang diterima anggota DPR tidak diperuntukkan untuk pribadi, melainkan akan kembali ke rakyat.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad pun angkat bicara. Menurutnya, pernyataan Krisdayanti yang disampaikan di kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored itu tidak bermasalah.

Karena menurut Dasco, soal gaji, tunjangan, dan dana lainnya para anggota Dewan, tidak pernah ditutupi oleh DPR.

"Sebenarnya tidak disampaikan di kanal youtube juga kan bisa dilihat di website DPR kan tidak ada yang disembunyikan," ujar Dasco, Rabu (15/9).

Dia pun meminta agar hal tersebut tidak dipolitisasi. Karena sesungguhnya pendapatan anggota DPR tidak utuh dibawa pulang ke rumah.

"Dan kalo kita jelaskan begitu adanya, jangan dipolitisasi, seolah-olah anggota DPR itu pendapatannya yang dibawa pulang ke rumah segitu, kan tidak segitu," papar Dasco.

Dia kemudian menjelaskan, apa yang dijelaskan Krisdayanti bukanlah soal pendapatan, yang artinya jumlah uang dibawa pulang ke rumah.

"Sementara page homepage kita dan ini kan sudah ada di website DPR kita, bukan hal yang ditutupin bahwa berapa gaji, berapa tunjangan, lalu kemudian yang lain-lain itu untuk kegiatan-kegiatan di dapil mengenai reses, kunjungan dapil. Malah kadang-kadang seperti Covid-19, kebanyakan anggota DPR harus menutupi dari sumber lain karena banyaknya konstituen seperti alat kesehatan dan sembako," tegas Dasco.sinpo

Komentar: