Achiko Medika dan Indofarma Kembangkan Tes Covid Berbasis Air Liur

Laporan: Tisa
Senin, 30 Agustus 2021 | 23:35 WIB
Alat Tes Covid-19, AptameX Covid-19 DNA
Alat Tes Covid-19, AptameX Covid-19 DNA

SinPo.id - PT Achiko Medika Indonesia dan PT Indofarma Tbk mengembangkan produk tes rapid diagnostik Covid-19 berbasis saliva (Air liur).

Tes rapid Covid-19 tersebut bernama AptameX Covid-19 DNA Aptamer Gold Nanoparticle Test Kit. 

AptameX merupakan tes rapid diagnostik Covid-19 yang nyaman digunakan, cepat, dan akurat untuk mendeteksi lonjakan protein S1 pada permukaan virus SARS CoV 2 dalam sampel air liur.

Direktur Utama PT. Indofarma Tbk, Arief Pramuhanto mengatakan pengujian secara teratur sangat penting dalam menghadapi pandemi.

"AptameX adalah sebuah alat tes diagnostik Covid 19 yang diproduksi di dalam negeri oleh dan untuk masyarakat yang telah dirancang untuk dapat diintegrasikan ke dalam ritual kebersihan gigi yang normal dan oleh karena itu dapat dengan mudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari," kata Arief dalam Webinar Tentang Mengapa Perlu Sering Lakukan Tes Covid-19 berjudul Rajin Test Covid-19: The New Normal.

Untuk diketahui produk AptameX ini telah memperoleh izin edar yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan Nomor Izin Edar AKD 20303121654 pada 13 Agustus 2021.

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan di Indonesia dan Spanyol, nilai Sensitivitas dan Spesivitas AptameX lebih baik dibandungkan produk tes rapid lainnya pada sample dengan CT value 29.

 Hal ini merupakan salah satu keunggulan AptameX di mana ketika produk lain kehilangan sensitivitas pada CT > 25 atau ketika nilai viral load tinggi, AptameX masih mampu menunjukkan nilai sensitivitas > 75%.

Direncanakan, AptameX akan diproduksi sebanyak 10.000.000 test kit dalam satu tahun yang dimulai pada September 2021.

Arief menuturkan akses terhadap pengujian yang andal dan terjangkau akan memungkinkan semua pihak untuk menjalani kembali kehidupan yang normal.

"Dan paat bersamaan kita semua berupaya mengendalikan penyebaran Covid-19," ucap dia.

Indofarma, dalam kemitraan dengan Achiko, bertujuan untuk membuat tes diagnostik ini tersedia dengan harga yang terjangkau oleh semua orang.

"Kami bangga dan senang menerima persetujuan resmi atas test kit penuh terobosan kami AptameX. Adalah suatu pencapaian yang luar biasa bagi kami untuk dapat memasarkannya bersama Indofarma," ujar CEO Achiko AG, Steven Goh.

"Dengan proyeksi tingkat vaksinasi yang ada dan dengan kemungkinan mutasi virus Covid-19 yang akan terjadi, beberapa tahun ke depan mungkin akan sangat menantang tidak hanya bagi Indonesia, tetapi juga bagi seluruh dunia," sambungnya. 

Steven menuturkan kombinasi AptameX dan Teman Sehat memberikan solusi kepada seluruh komunitas untuk mendapatkan tes yang terjangkau dan mudah digunakan sebagai screener. 

"Hal ini secara langsung akan memberdayakan mereka dalam perjuangan melawan Covid-19 dan semua variannya," tutur Steven.

Di kesempatan yang sama Presiden Achiko AG, Dr. Morris S. Berrie mengatakan pihaknya tak lelah dalam mengembangkan teknologi tes Covid-19. 

"Tim kami tidak kenal lelah untuk mengembangkan teknologi test diagnostik yang cepat dan terjangkau untuk Covid-19 dan indikasi lain yang akan datang," tutur Morris.

AptameX kata Morris dirancang agar mudah digunakan dan berharga terjangkau, dan karenanya dapat diakses oleh siapa saja.

"Kami percaya AptameX dan platform teknologi paspor digital Teman Sehat akan menjadi sumber diagnostik penting selama bertahun-tahun yang akan datang," ucapnya.

Setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan, AptameX akan melalui proses pengujian selama dua bulan sebelum memulai produksinya. 

"Produk kami akan siap bagi masyarakat Indonesia pada kuartal IV tahun ini. Dengan harga di bawah Rp. 50.000, yang akan menjadi semakin ekonomis seiring waktu, AptameX sangat mudah digunakan di mana kami akan bekerja sama dengan klinik dan rumah sakit dalam penggunaan produk ini," kata Senior VP Operations Asia, Achiko AG Windiaprana Ramelan,

Ia menuturkan alat tes tersebut digunakan dengan cara melakukan kumur dengan cairan yang disediakan. Nantinya hasil cairan kumur akan diperiksa di dalam laboratorium dengan waktu beberapa menit. 

"Bagi konsumen yang akan menggunakan AptameX, hanya akan melakukan kumur dengan cairan yang disediakan di dalam kemasan produk ini, dan kemudian sampel saliva yang ada di dalam hasil cairan kumur tadi akan diperiksa di laboratorium dengan hasil muncul dalam hitungan menit," ucap Windia.

Sebagai informasi,  PT Achiko Medika Indonesia AMI adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri Peralatan Kedokteran dan Kedokteran Gigi, perlengkapan Orthopedic dan Prosthethic, Industri Peralatan Elektromedikal dan Elektroterapi, dan 50% sahamnya dimiliki oleh Achiko AG.

Achiko AG menciptakan dan mengembangkan inovasi baru dalam teknologi kesehatan melalui divisi bioteknologi, AptameX, dan divisi teknologi kesehatan seluler digital, Teman Sehat.

Perusahaan tersebut telah menciptakan kemampuan telehealth unik yang menyediakan pengujian diagnostik yang mudah digunakan yang terintegrasi dengan solusi paspor digital untuk pengelolaan Covid-19. Adapun perusahaan tersebut berkantor pusat di Zurich, Achiko memiliki kantor di Hong Kong, Jakarta, Seoul dan Singapura. 

Sementara PT Indofarma TBK merupakan  perusahaan farmasi Indonesia yang berdiri sejak tahun 1918 dan pada bulan Januari 2020, PT Indofarma Tbk resmi menjadi bagian dari Holding BUMN Farmasi. sinpo

Komentar: