Ace Hasan Minta Pemerintah Percepat Distribusi Bansos Sampai Masyarakat

PPKM DARURAT

Laporan: Lilis
Rabu, 21 Juli 2021 | 11:51 WIB
Ace Hasan Syadzily/dok. DPR
Ace Hasan Syadzily/dok. DPR

SinPo.id - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19 resmi diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menumumkan langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa malam (20/7).

Jika ada trend penurunan kasus Covid - 19, Presiden Jokwi berjanji akan membuka peluang melakukan pelonggaran kegiatan masyarakat secara bertahap mulai 26 Juli 2021.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, meyakini kebijakan Presiden tersebut berdasarkan atas evaluasi dari perkembangan PPKM selama dua minggu ini.

Ace menilai, saat ini memang ada penurunan positivity rate kasus Covid-19 dan tingkat keterisian Rumah Sakit. Namun hal tersebut tak cukup mengambil kebijakan bahwa PPKM Darurat diturunkan statusnya. 

"Memang ada kecenderungan penurunan dari positivity rate kasus Covid-19 dan tingkat keterisian Rumah sakit dalam dua hari terakhir ini. Tapi itu tidak cukup untuk mengambil kebijakan bahwa PPKM Darurat ini diturunkan statusnya. Saya kira tgl 26 Juli 2021 waktu yang tepat untuk melihat kecenderungan penanganan Covid-19, apakah memang trend menurun atau tidak," kata Ace saat dihubungi wartawan, Rabu (21/7). 

Ace mengatakan, kebijakan untuk membuka sektor ekonomi kerakyatan seperti pasar tradisional dan toko kelontong merupakan langkah yang tepat. Karena, menurutnya jika kehidupan ekonomi para pedagang tidak berjalan, hal tersebut menyangkut pada kebutuhan Ekonomi mereka yang harus terpenuhi.

"Jika kehidupan ekonomi mereka tidak berjalan, hal itu menyangkut kebutuhan Ekonomi mereka yang harus terpenuhi. Ekonomi yang paling esensial harus tetap berjalan," ucap Ace. 

Politisi Partai Golkar tersebut menuturkan, bahwa masyarakat yang bergerak pada sektor ekonomi kerakyatan belum tentu kebutuhan pokoknya dapat tercover oleh bantuan sosial, padahal Sektor tersebut yang justru menjadi daya tahan Ekonomi masyarakat pada level yang paling bawah. 

Oleh karenanya selama PPKM Darurat ini diberlakukan, Ace mendorong pemerintah agar bantuan sosial secepat mungkin dapat sampai kepada masyarakat. 

"Sekarang yang harus dipastikan adalah implementasi pembagian bantuan sosial yang diberikan Pemerintah. Segera distribusikan secepatnya agar dampak sosial dari kebijakan PPKM Darurat ini tidak membuat masyarakat semakin kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dasarnya," tutur Ace.sinpo

Komentar: