BMKG Diminta Terus Informasikan Kabar Gelombang Tinggi

Laporan: Vera
Jumat, 09 Juli 2021 | 17:07 WIB
Ilustrasi BMKG/Net
Ilustrasi BMKG/Net

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 9-10 Juli 2021.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo pun meminta agar BMKG tetap menginformasikan secara berkala berita terupdate mengenai potensi terjadinya gelombang tinggi di sejumlah daerah.

Terutama, kata dia, kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir agar masyarakat yang tinggal di sana dapat lebih waspada dan mempersiapkan diri sebagai tindakan antisipasi.

Selain itu, pria yang karib disapa Bamsoet ini meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD mempersiapkan upaya mitigasi bencana.

“Upaya itu seperti mempersiapkan sarana dan prasarana dalam memberikan pertolongan serta mempersiapkan posko darurat bencana guna mengantisipasi potensi bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh gelombang tinggi,” ucap Bamsoet, Jumat (09/07).

Hal tersebut, menurut dia, akan menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir.

“Mengimbau masyarakat untuk selalu memonitor kondisi cuaca dan meningkatkan kewaspadaan, terutama masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi air, seperti perahu nelayan agar terlebih dahulu memperhitungkan informasi mengenai kondisi gelombang laut sebelum berlayar,” papar Bamsoet.

Dia juga meminta pemerintah mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah pesisir untuk selalu mempersiapkan tas emergency yang berisikan.

“Tas itu berisi pakaian cadangan, surat-surat penting, cadangan makanan, baterai, senter, dan benda berharga/penting lainnya, yang mudah dibawa apabila situasi dinyatakan darurat atau terjadi bencana dan masyarakat diharuskan mengungsi,” tutup Bamsoet.sinpo

Komentar: