Jokowi: Asrama Haji Besok Pagi Sudah Bisa Dioperasionalkan Untuk Pasien Covid-19

Laporan: Tisa
Jumat, 09 Juli 2021 | 16:50 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Tangkapan Layar

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Asrama Haji Pondok Gede menjadi Rumah Sakit Asrama Haji untuk penanganan Pasien Covid-19, Jumat (9/7).

Dalam peresmian RS Asrama Haji, Jokowi didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim RS Wisma Haji bisa dioperasionalkan besok pagi," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan dirinya telah melihat rampungnya Asrama Haji yang telah dikonversi menjadi RS Penanganan Covid-19. 

"Saya bersama-sama dengan pak Menteri Agama, melihat telah selesainya Wisma Haji yang akan kita konversi menjadi Rumah Sakit wisma haji bagi penanganan covid," tutur dia. 

Jokowi menyampaikan terima kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan seluruh jajaran yang telah bekerja keras selama lima hari mengkonversi Asrama Haji menjadi Rumah Sakit. 

Ia pun telah mengecek kesiapan seluruh sarana dan prasarana di RS Asrama Haji. 

Kata Jokowi, saat ini kesiapan RS Asrama Haji sudah 99 persen siap digunakan. 

"Saya tadi sudah cek ke dalam peralatan RS, kemudian pergantian ac, kemudian pembangunan lift untuk para pasien.Saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap. Sehingga besok pagi, rumah sakit Wisma Haji ini ini sudah bisa dioperasionalkan," kata Jokowi. 

Tak hanya itu, Jokowi mengajak kepada semua komponen untuk bahu-membahu dan bergotong royong menjadi relawan dalam penanganan Covid-19. 

"Saya ingin mengajak kepada para mahasiswa para pemuda-pemudi kepada Ibu PKK kepada kader kader Posyandu  untuk bahu-membahu bergotong-royong menjadi sukarelawan, menjadi relawan Dalam penanganan pandemi covid 19 ini," ucap dia

Jokowi mengatakan para tenaga kesehatan, ASN, TNI dan Polri telah bekerja keras sejak Maret 2020 lalu. 

Kendati demikian kata Jokowi akan lebih baik jika ada tambahan relawan untuk penanganan Covid -19.

"Dokter tenaga kesehatan ASN, TNI dan Polri sudah bekerja keras pagi siang malam sejak bulan Maret 2020 yang lalu sampai saat ini dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tetapi akan lebih bagus lagi, apabila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komponen masyarakat, sehingga penanganan covid ini bisa kita yang bisa kita tangani dengan sebaik baiknya," ungkapnya.sinpo

Komentar: