Usai Viral Pengunjung Memaksa Masuk, Kini TPU Tegal Alur Ditutup Untuk Peziarah

Laporan: Tisa
Jumat, 14 Mei 2021 | 19:00 WIB
 Peziarah memaksa masuk di TPU Tegal Alur
Peziarah memaksa masuk di TPU Tegal Alur

SinPo.id, Jakarta - Usai viral pengunjung yang memaksa masuk, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat ditutup untuk peziarah Jumat (14/5). 

 

Hal tersebut sesuai dengan Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pada Masa Idul Fitri 1442 H/ 2021 M. 

 

"Dari satgas dan Surat Gubernur dari pak Anies Baswedan pada point 3 huruf e menghindari kerumunan karena kedatangan peziarah dalam waktu bersamaan maka ziarah kubur ditiadakan mulai rabu 12 Mei sampai minggu 16 Mei," ucap Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Bismo saat apel di TPU Tegal Alur, Jumat (14/5).

 

Bismo menyebut petugas yang berjaga di pintu depan nantinya akan menghalau peziarah dengan mengedepankan langkah persuasif. 

 

Kata Bismo peniadaan ziarah kubur tersebut sesuai dengan Seruan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengendalian Aktivitas Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pada Masa Idul Fitri 1442 H/ 2021 M. 

 

 

"Sudah ada ketentuan dari Gubernur DKI untuk ditiadakan ya. Mari kita sosialisasi dan ingatkan ke saudara-saudara kita jadi ini untuk kepentingan pencegahan penyebaran covid jadi dipersilahkan pulang, lakukan secara persuasif," tutur Bismo. 

 

Sebelumnya, viral video peziarah yang ramai-ramai mencoba masuk ke dalam TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, pada Jumat pagi.

 

Pintu utama TPU Tegal Alur telah ditutup. 

 

 

Kasatpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat menuturkan para peziarah bisa masuk ke TPU Tegal Alur melalui pintu sisi belakang yang dijebol oleh ormas dan masyarakat .

 

"Iya betul itu (ramai), ternyata pintu belakang itu dijebol ormas sama masyarakat. Tadi saya sudah bilang sama ketua TPU-nya, 'kamu kalau kayak gitu jangan diam saja segera lapor, biar kita koordinasi dengan TNI Polri, dari Polsek, Koramil juga bisa kita perkuat'," tutur Tamo.

 sinpo

Komentar: