Bangkit Dari Pandemi, 11.000 Orang Hadiri Festival Musik Stroberi Di Wuhan

Laporan: Vera
Selasa, 04 Mei 2021 | 07:30 WIB
Hari pertama Festival Musik Stroberi Wuhan, China pada Sabtu, 1 Mei 2021. (Foto: Reuters)
Hari pertama Festival Musik Stroberi Wuhan, China pada Sabtu, 1 Mei 2021. (Foto: Reuters)

SinPo.id, Wuhan - Ribuan orang menghadiri hari pertama Festival Musik Stroberi Wuhan, China pada Sabtu, 1 Mei 2021.

Saat cuaca hangat dan cerah di hari pertama dari total 5 hari libur nasional May Day atau Hari Buruh, pengunjung konser musik itu nampak bersuka ria menari-nari, melompat-lompat, dan berteriak kegirangan saat penampilan artis favorit mereka di panggung.

Dilansir Reuters, Festival Musik Stroberi ini kembali lagi diadakan di Wuhan setelah dipaksa online pada 2020 lalu karena pembatasan COVID-19.

 

Seorang perwakilan penyelenggara mengatakan kepada Reuters bahwa sekitar 11.000 orang berada di konser musik tersebut pada Sabtu, 1 Mei 2021 lalu. 

Sejumlah penghalang dipasang di depan setiap tahap dan personel keamanan membatasi nomor di area tersebut. Beberapa penonton memakai masker, tapi banyak juga yang tidak.

Seperi diketahui, Wuhan menjadi tempat COVID-19 pertama kali muncul. Warga Wuhan hidup lebih dari dua bulan di masa pembatasan ketat selama lockdown yang disebabkan oleh virus Corona pertama di dunia. Sejak itu, kota ini hampir sepenuhnya bebas virus, menurut data resmi. 

Itu dan tren umum dalam beberapa bulan terakhir di negara itu, yang hanya melaporkan beberapa wabah sporadis, telah sangat mengurangi ketakutan di China tentang virus itu.

"Tahun lalu kami (di Wuhan) menderita virus korona," kata siswa berusia 23 tahun dan warga Wuhan bernama Gao Yuchen.

"Tidak mudah untuk mencapai tempat kita sekarang ini. Orang-orang di sini telah berusaha keras dan membayar harga yang mahal (karena terkena virus). Jadi saya merasa sangat senang berada di sini (di festival)," sambung Gao.

Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan penyanyi dan band ternama di tiga panggung di taman Garden Expo Wuhan. 

Acara Sister "Strawberry Music Festival" diadakan di kota-kota lain, termasuk Beijing selama hari libur nasional. Peserta datang ke Wuhan dari seluruh negeri, seperti Zhang Hongkai yang berusia 29 tahun, dari Shijiazhuang di provinsi Hebei.

"Ini pertama kalinya saya di acara seperti ini diadakan di luar ruangan. Saya sangat suka suasananya,” kata Zhang

 

China Daratan melaporkan 16 kasus COVID-19 baru pada hari Jumat, 31 April 2021 turun dari 13 kasus sehari sebelumnya, otoritas kesehatan nasional negara itu mengatakan pada Sabtu.

Semua kasus baru adalah infeksi impor yang berasal dari luar negeri, kata Komisi Kesehatan Nasional dalam sebuah pernyataan.

Jumlah total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di daratan China sekarang mencapai 90.671, sementara jumlah kematian tetap tidak berubah di 4.636, banyak di antaranya adalah penduduk Wuhan.

China melakukan sekitar 11,6 juta vaksinasi terhadap COVID-19 pada hari Jumat, sehingga jumlah total yang diberikan menjadi lebih dari 265 juta, menurut data yang dirilis oleh Komisi Kesehatan Nasional pada hari Sabtu.sinpo

Komentar: