MPR Minta Masyarakat Tetap Disiplin 3M Di Pasar Trandisional

Pasar

Oleh: ria
Rabu, 03 Februari 2021 | 14:13 WIB
Ketua MPR Minta Masyarakat Tetap Disiplin 3M Di Pasar Trandisional (Foto:Istimewa)
Ketua MPR Minta Masyarakat Tetap Disiplin 3M Di Pasar Trandisional (Foto:Istimewa)

sinpo, JAKARTA, Pasar tradisional dinilai sebagai salah satu titik kerumunan yang paling krusial dalam penyebaran Covid-19, menurut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, meminta pemerintah daerah (Pemda) bersama Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau para pedagang dan pembeli untuk tetap menggunakan masker.

“Disamping itu mendirikan posko di sekitar pasar-pasar tradisional untuk menggencarkan pengawasan dan penegakan protokol kesehatan, guna memastikan pedagang dan pengunjung benar-benar disiplin prokes. Mengingat pasar dinilai sebagai salah satu titik kerumunan yang paling krusial dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19,” demikian kata Bamsoet, Rabu (3/1/2021).

Karena itu, Bamsoet meminta Pemda bersama pengelola pasar untuk dapat mengatur waktu sekaligus mengawasi secara ketat aktivitas di pasar, mulai buka hingga tutup yang disesuaikan dengan aturan protokol kesehatan maupun kebijakan yang ditetapkan pemerintah setempat.

“Pemda melalui Dinas Kesehatan agar terus menyosialisasikan  penerapan prokes di setiap pasar tradisional baik melalui spanduk maupun penjelasan secara langsung, sekaligus mengingatkan kepada pedagang bahwa pemda dapat memberhentikan sementara operasional pasar apabila pedagang tidak disiplin menerapkan prokes hingga menyebabkan munculnya kasus Covid-19 baru di pasar tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Waketum Golkar itu mengimbau kepada masyarakat khususnya para pedagang yang berjualan di pasar-pasar tradisional agar selalu menerapkan prokes 3M selama berada di pasar atau usai bertransaksi dengan pembeli. “Selama di dalam pasar harus tetap displin prokes 3M,” ungkapnya.sinpo

Komentar: