KAI Sebut Volume Penumpang Masih Tinggi pada Hari Raya Idul Adha 2025 Ini

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 06 Juni 2025 | 22:23 WIB
Ilustrasi kereta api. (SinPo.id/KAI Daop 1 Jakarta)
Ilustrasi kereta api. (SinPo.id/KAI Daop 1 Jakarta)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta mencatat jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun wilayahnya pada Hari Raya Idul Adha 1446 H tetap tinggi, mencapai lebih dari 36 ribu orang. 

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menyebut, antusiasme masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api pada masa libur panjang Idul Adha terlihat masih sangat kuat.

"Meski bertepatan dengan Hari Raya, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan tetap tinggi. Ini menunjukkan kereta api masih menjadi pilihan utama untuk bepergian," ujar Ixfan dalam keterangannya, Jumat, 6 Junj 2025.

Adapun berdasarkan data yang dihimpun, kata Ixfan, sebanyak 36.156 penumpang tercatat berangkat dari sejumlah stasiun utama di wilayah Daop 1 Jakarta. 

"Rinciannya, 10.829 orang dari Stasiun Gambir, 16.369 dari Stasiun Pasar Senen, dan 8.958 dari stasiun lainnya seperti Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, dan Cikampek," ungkap dia. 

Menurut dia, lonjakan penumpang tertinggi terjadi sehari sebelumnya, Kamis, 6 Junj 2025, dengan total keberangkatan mencapai 42.687 orang. Sementara pada Rabu, 4 Juni 2025, tercatat 36.482 orang berangkat menggunakan kereta api jarak jauh.

"Selama periode 4 hingga 9 Juni 2025, lebih dari 164 ribu tiket sudah terjual. Ini menandakan tingginya mobilitas masyarakat selama masa libur Idul Adha," kata Ixfan. 

Lebih jauh, Ixfan menyampaikan, KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 76 perjalanan KA Jarak Jauh. Dia mengatakan, jumlah ini mencakup 40 perjalanan dari Stasiun Gambir dan 36 dari Stasiun Pasar Senen, termasuk kereta tambahan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang.

“Kami memastikan seluruh layanan berjalan dengan mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu. Tim kami juga bersiaga penuh di lapangan untuk membantu para pelanggan,” tutur Eva.

KAI Daop 1 Jakarta mengimbau para pengguna jasa untuk datang lebih awal ke stasiun dan memanfaatkan layanan digital seperti boarding pass melalui aplikasi KAI Access guna mempercepat proses keberangkatan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI