Timwas DPR Tekankan Pentingnya Pelayanan Terbaik untuk Seluruh Jemaah Haji

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 03 Juni 2025 | 08:36 WIB
Jemaah haji (SinPo.id/dok. Kemenag)
Jemaah haji (SinPo.id/dok. Kemenag)

SinPo.id - Anggota Tim Pengawas Haji DPR RI, Saan Mustopa, menekankan pentingnya pelayanan terbaik bagi seluruh jemaah haji Indonesia. Pasalnya, hal itu telah menjadi komitmen Presiden Prabowo Subianto.

"Presiden Prabowo memiliki komitmen luar biasa dalam memberikan pelayanan maksimal kepada jemaah haji kita. Komitmen itu telah beliau tunjukkan dengan upaya menekan biaya haji dan terus memperbaiki seluruh tahapan layanan," kata Saan, dalam keterangan persnya, dikutil Selasa, 3 Juni 2025.

Menurutnya, kualitas pelayanan haji juga harus terjaga mulai dari keberangkatan kloter pertama hingga puncak ibadah wukuf di Arafah. Termasuk juga distribusi kartu Nusuk yang harus dituntaskan sebelum wukuf dimulai. Karena masih ada 8.938 jemaah yang belum menerima kartu tersebut.

“Jangan sampai ada jemaah yang takut keluar dari penginapan karena belum pegang Nusuk. Meski hanya tersisa 4 persen, angka ini setara dengan belasan ribu orang," ungkapnya 

"Dari total sekitar 221.639 jemaah, 4 persen berarti lebih dari 8.000 hingga 9.000 orang. Ini bukan soal statistik, tapi soal hak ibadah mereka yang harus dijamin,” kata Saan menambahkan.

Ia pun mengingatkan agar aspek kenyamanan jemaah saat wukuf juga menjadi perhatian serius. Termasuk mengatasi persoalan tenda yang kerap melebihi kapasitas.

"Kita ingin jemaah bisa menjalani wukuf dengan khusyuk. Kalau tenda overkapasitas, mereka tak akan bisa beristirahat dengan nyaman. Ini akan mempengaruhi kualitas ibadah mereka," tuturnya.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh teknis pelayanan berjalan dengan baik, sesuai dengan ekspetasi Prabowo di awal kepemimpinannya. Karena suksesnya penyelenggaraan haji tahun ini akan menjadi tolok ukur keberhasilan di tahun-tahun berikutnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI