Demokrat Minta Pemerintah Gratiskan Biaya Swab untuk Masyarakat Miskin

Swab Gratis

Oleh: Ria
Sabtu, 03 Oktober 2020 | 12:41 WIB
Lucy Kurniasari Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat
Lucy Kurniasari Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat

sinpo, JAKARTA, Lucy Kurniasari, Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat menilai pemerintah yang menetapkan harga swab test maksimal Rp 900 ribu masih mahal. Khususnya bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Seharusnya pemerintah mensubsidi biaya swab test agar masyarakat semua kelas bisa melakukannya. Sehingga tetap diharapkan biaya swab test itu gratis bagi maayarakat tak mampu," tegas Lucy, Sabtu (3/10).

Hal itu kata Lucy, untuk membuktikan bahwa pemerintah memang benar menomorsatukan kesehatan daripada ekonomi ."Kalau pemerintah bisa mengalokasikan anggaran yang besar untuk penanganan ekonomi dan Pilkada, maka seharusnya hal yang sama juga dapat dilakukan untuk swab test," katanya.

Alokasi anggaran untuk kesehatan juga sangat besar. Karena itu, anggaran yang ada dapat digunakan untuk subsidi menggratiskan swab test.

Tentu lanjut Lucy, kementerian kesehatan dapat bekerjasama dengan Kementerian Keuangan untuk mengalihkan alokasi anggaran post lain di bidang kesehatan ke anggaran untuk swab test. Dengan begitu, kata Lucy, pemerintah memang membuktikan benar memprioritaskan kesehatan rakyatnya dengan menggratiskan swab test.

"Kalau hal itu dapat diwujudkan, maka semua rakyat Indonesia dapat melakukan swab test. Hal ini akan memudahkan menditeksi penyebaran covid-19 sehingga penanganannya lebih mudah dilakukan oleh pemerintah," pungkasnya.  sinpo

Komentar: