KAI Catat Lebih dari 426 Ribu Tiket Lebaran Ludes Terjual

SinPo.id - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mencatat, hingga saat ini sebanyak 426.675 tiket telah terjual dengan tingkat okupansi mencapai 44 persen, dari 970.675 kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk masa Angkutan Lebaran 2025. Sedangkan
Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang disiapkan beroperasi sebanyak 1.826 perjalanan, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025.
"KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan kami. Mengingat tingginya permintaan, kami mengimbau pelanggan untuk segera melakukan pemesanan tiket sebelum kehabisan," ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Kamis, 27 Februari 2025.
Ixfan menjelaskan, pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train yang tersedia di aplikasi KAI Access apabila tiket untuk beberapa KA di tanggal favorit sudah habis.
"Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk menghubungkan beberapa rute kereta api agar tetap dapat berangkat pada tanggal yang diinginkan dan mencapai tujuan dengan nyaman," ucapnya.
Hingga saat ini, tiket yang telah terjual dari beberapa stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Gambir sebanyak 133.972 tiket terjual dari total 439.516 yang tersedia, di Pasar Senen 287.476 tiket terjual dari 531.159 yang tersedia, serta stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 5.484 tiket terjual.
Ixfan menerangkan, setiap harinya, Daop 1 Jakarta menyediakan 44.122 tempat duduk, terdiri dari 19.978 tempat duduk dari Stasiun Gambir, 24.144 tempat duduk dari Stasiun Pasar Senen.
"Total terdapat 83 perjalanan KA per hari selama masa Angkutan Lebaran," ucapnya.
Menurut dia, selama periode 21 Maret hingga 11 April 2025, jumlah keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen terus meningkat.
Dimana, puncak keberangkatan di Stasiun Gambir diprediksi terjadi pada 29 dan 30 Maret, dengan okupansi mencapai 92-97 persen. Sementara itu, Stasiun Pasar Senen mencatat lonjakan tertinggi pada 30 Maret, dengan okupansi melebihi kapasitas normal (102 persen).
PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dengan memastikan kesiapan sarana dan prasarana selama masa Angkutan Lebaran.
"Kami mengimbau calon penumpang untuk merencanakan perjalanan dengan baik serta mengikuti ketentuan yang berlaku demi kenyamanan dan keselamatan bersama," tutup Ixfan.
Untuk pemesanan tiket dan informasi jadwal perjalanan KA, masyarakat dapat mengakses aplikasi KAI Access, situs web resmi KAI, atau menghubungi layanan pelanggan KAI melalui contact center 121.