Jasa Marga: 1,41 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek Pasca-Libur Panjang

SinPo.id - PT Jasa Marga memaparkan evaluasi pelayanan libur Isra Mi'raj dan Imlek kepada Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Roy Rizali Anwar di Pos Pantau Cikampek Utama, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Minggu 2 Februari 2025.
Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti, melaporkan bahwa total volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur Isra Mi'raj dan Imlek, dari 24 Januari hingga 1 Februari 2025, mencapai 1,43 juta kendaraan. Angka ini merupakan kumulatif dari empat Gerbang Tol (GT) utama, yakni GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), GT Kalihurip (arah Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak).
"Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 11,3 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal, yang tercatat sebanyak 1,28 juta kendaraan," ujar Fitri.
Selain itu, Jasa Marga juga mencatat adanya peningkatan kendaraan yang kembali atau masuk ke wilayah Jabotabek, dengan total 1,41 juta kendaraan, meningkat 14,3 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal (1,09 juta kendaraan).
Jasa Marga akan terus mengedepankan visi pelayanan publik berbasis teknologi dan kolaborasi dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2025 atau Idul Fitri 1446 Hijriah. "Strategi ke depan mencakup percepatan pelebaran jalan tol, peningkatan kapasitas infrastruktur, dan optimalisasi penggunaan platform digital, seperti Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID)," kata Fitri.
Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, M Agus Setiawan, menambahkan bahwa Jasa Marga konsisten melakukan strategi manajemen peningkatan layanan rest area melalui sistem pengendalian parkir berbasis Intelligent Transport System (ITS) dengan Rest Area Management System (RAMS) untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan tol selama periode libur panjang.
"Peningkatan pelayanan ini terus dioptimalkan untuk menginformasikan kapasitas parkir di rest area, penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), posko kesehatan, dan lain-lain," kata Agus.
Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian PU Roy Rizali Anwar menyampaikan apresiasi atas kinerja Jasa Marga yang telah bekerja maksimal dalam melayani masyarakat selama periode libur Isra Mi'raj dan Imlek 2025.
"Jasa Marga patut diapresiasi karena telah bekerja secara maksimal dalam persiapan dan pelaksanaan pelayanan operasional, dengan memanfaatkan beragam teknologi mutakhir yang terintegrasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna jalan secara optimal," ujarnya.