KAI Logistik Luncurkan KA Parcel Selatan
SinPo.id - KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus berkomitmen meningkatkan layanan pengiriman barang melalui KALOG Express. Salah satu langkah strategisnya adalah dengan mengoperasikan KA Parcel Selatan yang melayani rute Bandung–Surabaya. Dengan waktu tempuh hanya 24 jam, layanan ini jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang memerlukan 2–3 hari. Pengoperasian KA Parcel Selatan dimulai pada Rabu, 8 Januari 2025.
Mempercepat Distribusi Barang
Heri Siswanto, Direktur Operasi KAI Logistik, menyampaikan bahwa pengoperasian KA Parcel Selatan bertujuan memperkuat aspek operasional yang berdampak langsung pada kepuasan pelanggan. “Pengoperasian KA Parcel Selatan ini mampu memangkas waktu tempuh sehingga mempercepat arus distribusi barang. Dengan semakin lancarnya arus distribusi, rantai pasok logistik akan berjalan lebih efektif,” ungkap Heri.
Kapasitas Angkut Meningkat
KA Parcel Selatan menyediakan kapasitas hingga 160.000 kg untuk perjalanan pulang-pergi, sehingga total kapasitas angkut harian KALOG Express kini mencapai 390.000 kg melalui lima kereta. Dari kapasitas tersebut, okupansi harian yang disumbangkan oleh KA Parcel Selatan sebesar 69.000 kg, meningkatkan total okupansi harian KALOG Express menjadi 263.000 kg.
Potensi Besar di Lintas Selatan
KAI Logistik memetakan peluang besar di lintas selatan, meliputi kota-kota seperti Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Kebumen, Yogyakarta, Solo, Madiun, hingga Surabaya. Potensi tersebut didorong oleh berkembangnya perekonomian, sektor usaha kecil dan menengah (UKM), serta pariwisata di sepanjang rute ini.
Fokus Digitalisasi dan Pertumbuhan Pendapatan
Pengoperasian KA Parcel Selatan juga diharapkan mendorong pertumbuhan pendapatan perusahaan. Selain itu, KAI Logistik terus menyempurnakan digitalisasi layanan kurir melalui aplikasi KAI Logistik Trax, yang menjadi bagian dari strategi penguatan posisi KALOG Express di industri kurir dan logistik pada tahun 2025.
“KA Parcel Selatan menjadi awal dari rangkaian strategi kami untuk memperkuat posisi KALOG Express di industri ini. Dengan penyempurnaan operasional dan digitalisasi, kami optimis dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan,” tutup Heri.