LRT Jakarta Catat 3,8 Juta Pelanggan dalam Lima Tahun
SinPo.id - PT LRT Jakarta merayakan lima tahun operasional komersial dengan mencatatkan 3,8 juta pelanggan pada rute Stasiun Rawamangun Velodrome - Stasiun Kelapa Gading. Sejak mulai beroperasi pada 1 Desember 2019, LRT Jakarta berhasil menarik rata-rata 3.300 penumpang setiap harinya.
Direktur Utama PT LRT Jakarta, Hendri Saputra, menyampaikan, kendati rute yang ada saat ini hanya sepanjang 5,8 kilometer, LRT Jakarta berhasil menarik perhatian masyarakat.
"Dalam lima tahun dengan jarak perjalanan 5,8 kilometer mampu menarik 3.300 penumpang dalam sehari atau 3,8 juta," ujar Hendri dalam keterangannya, Minggu, 1 Desember 2024.
Hendri juga menjelaskan bahwa LRT Jakarta terus berupaya mengembangkan fasilitas yang inklusif dan mendukung ekonomi kreatif dengan menyelenggarakan berbagai aktivitas untuk menarik lebih banyak penumpang.
"Selain itu, program EduTour dan pemberdayaan lahan untuk pertanian perkotaan juga menjadi bagian dari inovasi yang diterapkan oleh perusahaan," ungkap dia.
Sementara itu, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali menekankan bahwa lima tahun merupakan usia yang masih sangat muda untuk sebuah perusahaan transportasi besar seperti LRT Jakarta.
Kendati rutenya relatif pendek, Marullah mengaprsiasi kemampuan LRT Jakarta dalam mengangkut 3.300 penumpang per hari.
"Ini tentu harus diikuti dengan inovasi dan kreasi agar LRT ini mampu melayani penumpang yang lebih banyak lagi," ujar Marullah.
Ia juga menegaskan pentingnya dukungan Pemerintah Provinsi Jakarta terhadap inovasi yang diterapkan oleh LRT, sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan menarik lebih banyak penumpang di masa mendatang.