Aprindo: Masyarakat Lebih Tertarik Cari Produk Harga Murah, Ketimbang Merek
SinPo.id - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin mengungkapkan, perilaku konsumen saat ini lebih memprioritaskan harga murah, tanpa harus melihat merek dalam membeli produk atau sebuah barang. Temuan ini berdasarkan hasil kajian Aprindo.
"Bila ada satu jenis produk maka masyarakat akan mencari yang lebih murah. Mereka mencari pembanding sekarang. Sudah tidak lagi melihat merek. Ini hasil kajian kami di lapangan selaku pengusaha ritel," kata Solihin kepada wartawan, Minggu, 17 November 2024.
Menurut Solihin, penting bagi usaha ritel untuk menyediakan berbagai pilihan produk yang memenuhi kebutuhan warga, sebagai respons terhadap perubahan perilaku konsumen tersebut.
Terlebih, kini konsumen bisa menentukan nasib sebuah ritel. Jika pembeli merasa tidak ada produk yang sesuai dengan keinginan, maka bisa berpindah ke ritel lain atau membeli secara online.
"Ini adalah tantangan kami ke depan agar tetap mempertahankan eksistensi ritel dengan berbagai inovasi yang melihat hasil kajian dan analisis lapangan selama beberapa waktu terakhir, sehingga ritel bisa terus tumbuh," ujarnya.
Solihin juga akan mengajak pengusaha ritel menyediakan sistem e-commerce untuk menyesuaikan perkembangan. Termasuk memperkuat peran UMKM dengan kerja sama melalui penyediaan ruang. Namun produk UMKM juga harus memiliki daya tarik orang datang ke ritel.
"Maka itu, setiap ritel saat ini diharapkan menjual produk pangan karena ini yang dibutuhkan warga setiap hari. Kalau kendaraan dan furniture kan tidak tiap hari dibeli," katanya.