Kronologi Bus Rombongan 58 Anak TK Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono Jaktim

Laporan: Firdausi
Kamis, 24 Oktober 2024 | 23:23 WIB
Bus rombongan anak TK terbakar (SinPo.id/Tangkapan Layar)
Bus rombongan anak TK terbakar (SinPo.id/Tangkapan Layar)

SinPo.id - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengungkap kronologi kecelakaan bus pariwisata saat membawa rombongan 58 anak taman kanak-kanak (TK) terbakar saat melintas di Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur.

Awalnya bus hendak menuju arah Ancol, Jakarta Utara usai membawa anak-anak manasik haji di Asrama Haji Pondok Gede. 

"Bus menjemput rombongan manasik haji TK selesai dari manasik haji di daerah Pondok Gede lanjut mengarah ke Ancol Jakarta Utara untuk rekreasi," kata Latif kepada wartawan pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Namun saat di perjalanan, AC bus yang mengangkut 58 anak TK itu mengalami kerusakan. Selanjutnya sopir bus tersebut meminggirkan busnya di Tol Wiyoto Wiyono KM 3 untuk dilakukan pengecekan.

"Saat dicek rupanya aki AC yang dibelakang bus ada kerusakan. Dan ada juga keluar percikan api," ungkapnya.

Kondektur memadamkan percikan api tersebut. Sementara supir memerintahkan rombongan yang ada di dalam bus untuk segera keluar, pasalnya api yang bersumber dari percikan aki sudah mulai membesar.

"Kap mesin bagian belakang sudah melihat asap, kemudian bersama dengan penumpang yang lain keluar dari bus tersebut, karena api mulai membesar," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, penumpang dari anak-anak TK berhasil dievakuasi. Kini penyebab kebakaran masih terus didalami.

Sementara itu, badan bus diderek dari lokasi agar tidak menganggu arus lalu lintas di Tol Wiyoto Wiyono dari arah Cawang, Jakarta Timur menuju Tanjung Priok.

"Usai tim melakukan pemadaman, badan bus diderek dari lokasi agar tidak menganggu arus lalu lintas," ujarnya.

Diketahui, bus terbakar di ruas Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 24 Oktober 2024. Peristiwa tersebut sempat viral di media sosial Instagram @jakut.info

Dalam video yang beredar bus pariwisata terbakar hingga asap hitam mengepul di udara. Diketahui, bus pariwisata dengan pelat B 71779 VGA mengangkut 58 anak sekolah TK itu.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI