Indonesia dan India Sepakat Jajaki Kerja Sama Program Makan Bergizi

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 24 Oktober 2024 | 21:32 WIB
Menlu RI Sugiono dan Menlu India S. Jaishankar. (SinPo.id/dok. Kemlu)
Menlu RI Sugiono dan Menlu India S. Jaishankar. (SinPo.id/dok. Kemlu)

SinPo.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono menggelar pertemuan bilateral dengan Menlu India S. Jaishankar, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi BRICS Plus di Kazan, Rusia. 

Dari pertemuan itu, Indonesia dan India sepakat memperkuat kerja sama di bidang pangan, termasuk menjajaki kerja sama untuk program andalan Presiden RI Prabowo Subianto, makan bergizi gratis. 

"Bertukar pandangan dan menjajaki berbagai kerja sama bilateral termasuk program makan siang bergizi, perumahan, farmasi, industri kreatif, pertahanan dan pendidikan," kata Sugiono dalam keterangannya, Kamis, 24 Oktober 2024. 

Sugiono menjelaskan, India merupakan mitra penting bagi ketahanan pangan Indonesia. Dan, tahun ini bertepatan dengan 75 tahun hubungan diplomatiknya Indonesia dan India. 

Indonesia, lanjut Sugiono, berkomitmen  memperkuat Strategi Kemitraan Komprehensif RI-India, dan mendorong kolaborasi RI–India di berbagai forum multilateral. 

Lebih lanjut, Sugiono juga menyambut baik keputusan India yang telah mencabut larangan ekspor beras putih non-basmati. 

"Keputusan ini telah membuka peluang peningkatan perdagangan bilateral terhadap komoditas beras yang akan mendukung ketahanan pangan Indonesia," ucapnya. 

Tak lupa, Sugiono mengundang Menlu India untuk menghadiri pertemuan Joint Commission Meeting Indonesia-India ke-8 yang akan digelar di Jakarta. 

Sejumlah prioritas kerja sama yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain di sektor ekonomi, pengamanan industri, pendidikan, serta penelitian dan pengembangan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI