REL KERETA API

KAI Gantikan Bantalan Kayu ke Bahan Sintetis untuk Keamanan Operasi Kereta

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 24 Oktober 2024 | 13:52 WIB
Pada pekerja mengganti bantalan rel kayu menjadi sintetis (SinPo.id/ Dok. KAI)
Pada pekerja mengganti bantalan rel kayu menjadi sintetis (SinPo.id/ Dok. KAI)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengganti komponen konstruksi rel kereta di jembatan baja, yang sebelumnya menggunakan bantalan dari bahan kayu menjadi bahan sintetis. Hal ini untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta keamanan operasi kereta api.

"Biasanya bantalan rel pada jembatan baja menggunakan kayu, karena lebih ringan dibanding bahan beton yang berat. Saat ini KAI melakukan inovasi mengganti bantalan kayu menjadi bantalan sintetis, karena jauh lebih ramah lingkungan," ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya, Kamis, 23 Oktober 2024.

Anne menyampaikan, pada 2022 lalu, KAI telah melakukan pengadaan bantalan sintetis sebanyak 5.656 batang, tahun berikutnya bertambah menjadi 16.353 batang pada 2023. 

Adapun pada 2024, KAI berencana mengganti 15.864 batang kayu menjadi sintetis. KAI menargetkan mengganti seluruh bantalan kayu pada konstruksi jembatan baja menjadi berbahan sintetis di tahun ini. 

"Masa penggunaan bahan sintetis akan lebih lama dibandingkan dengan bahan kayu, sehingga KAI dapat lebih efisien dalam pembiayaan perawatan prasarananya," ucapnya. 

KAI juga mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan dalam keputusan mengganti bantalan kayu menjadi sintetis. 

Untuk memastikan material sintetis memenuhi spesifikasi teknis, KAI  melakukan serangkaian pengujian, termasuk uji kekuatan lentur, modulus young, ketahanan beban lentur, ketahanan tekan longitudinal. 

Juga kekuatan geser, kekuatan geser lekat, tegangan tembus arus bolak-balik, resistansi isolasi arus searah, kekuatan cabut screw spike, pengukuran dimensi, ketahanan api, ketahanan fatik, dan ketahanan terhadap cuaca.

"Semakin banyak bantalan sintetis yang dipakai, tentunya batang pohon yang diselamatkan dari penebangan juga semakin banyak. Selain itu, dengan menggunakan bantalan sintetis dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api," tukasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI