LIBUR NATARU

Persiapan Nataru, Kemenhub Mulai Bahas Antisipasi Lonjakan Angkutan

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 24 Oktober 2024 | 12:57 WIB
Ilustrasi kemacetan di pintu tol (SinPo.id/ Ashar)
Ilustrasi kemacetan di pintu tol (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id -  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan koordinasi lintas pemangku kepentingan, untuk mengantisipasi lonjakan arus angkutan menjelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Karenanya, Kemenhub pun menggelar rapat Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga, dengan fokus pada rencana operasi angkutan Nataru.


"Ini untuk mempersiapkan dalam rangka mewujudkan libur angkutan Nataru tetap aman. Karena itu, pentingnya koordinasi, sinergi, kolaborasi, serta kekompakan antar-pemangku kepentingan dalam mewujudkan liburan yang selamat," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Riyaspudin Nursin, dalam keterangannya, Kamis, 24 Oktober 2024.

Nursin menjelaskan, ada beberapa hal yang nanti perlu diantisipasi, seperti ruas jalan dari Jakarta hingga Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. Sebab, ruas jalan tersebut sering menimbulkan kemacetan.

"Apakah penyebabnya karena kepadatan di restarea, titik-titik tertentu ada bottleneck atau crossing. Bisa juga kepadatan di pintu gerbang atau keluar tol," tuturnya.

Nursin melanjutkan, rakor ini digelar sebagai pertimbangan kebijakan-kebijakan pada saat libur Nataru. Sehingga diperoleh pembaharuan informasi dari masing-masing pemangku kepentingan terkait kesiapannya menyambut momen libur tersebut.

"Ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang termasuk dalam program 100 hari sektor transportasi darat (Quick Win). Maka diperlukan persiapan yang matang," ucapnya.
 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI