GENOSIDA ISRAEL

Jet Tempur Israel Serang Beberapa Gedung di Kota Tyre, Lebanon Selatan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 24 Oktober 2024 | 08:55 WIB
Serangan Israel di Lebanon (SinPo.id/ AP Photo)
Serangan Israel di Lebanon (SinPo.id/ AP Photo)

SinPo.id - Jet tempur Israel menyerang beberapa gedung di kota pesisir selatan Lebanon, Tyre, dan menyebabkan kepulan asap hitam besar ke udara. Namun tidak laporan korban jiwa karena penduduk telah dievakuasi sebelum serangan.

Kota kuno Tyre sendiri berada sekitar 80 kilometer (50 mil) selatan Beirut, terkenal dengan pantainya yang masih asli, pelabuhan kuno, dan reruntuhan Romawi yang megah serta hipodrom yang merupakan itus Warisan Dunia UNESCO.

Kota tersebut juga merupakan salah satu kota terbesar di Lebanon dan kota metropolitan yang ramai dan populer di kalangan wisatawan, lantaran banyak situs tepi laut yang terkait dengan bangsa Fenisia kuno dan Tentara Salib.

"Ada aset Hizbullah di area peringatan evakuasi tersebut," kata juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, tanpa memberikan bukti. Dilansir dari The Indpendent, Kamis 24 Oktober 2024.

Namun, sebelum Israel melancarkan serangannya, petugas tanggap darurat dari Pertahanan Sipil Lebanon telah memperingatkan penduduk agar mengungsi dari area tersebut. Mereka juga membantu orang tua yang kesulitan untuk pergi.

Sementara itu, kelompok pejuang Hizbullah Lebanon terus menembakkan rentetan roket ke Israel, termasuk dua roket yang memicu sirene serangan udara di Tel Aviv.

Kemudian kepulan asap terlihat di langit dari hotel tempat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menginap dalam kunjungan terakhirnya ke wilayah tersebut untuk mencoba berdiskusi terkait gencatan senjata.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI