PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

DPR Ajak Pemerintahan Baru Prabowo-Gibran Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 24 Oktober 2024 | 08:29 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Anggota Komisi XI DPR RI Muhammad Kholid, mengajak pemerintahan baru Prabowo-Gibran untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Karena menurutnya, momentum dimulainya pemerintahan baru juga harus dibarengi dengan cara pandang baru dalam merancang pertumbuhan ekonomi ke depan.

“Pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja tidak cukup, namun juga harus berkualitas," kata Kholid, dalam keterangan persnya, dikutip Kamis 24 Oktober 2024.

"Apa yang membuatnya berkualitas? Pertama, pertumbuhan itu harus serta-merta menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak. Kedua, harus berdampak ke penurunan tingkat ketimpangan. Ketiga, mengurangi kemiskinan. Jadi, masyarakat merasakan langsung pertumbuhan itu, bukan sekadar angka statistik,” imbuhnya.

Ia juga memaparkan data-data yang menunjukkan rendahnya kualitas pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yaitu turunnya tingkat penciptaan lapangan kerja, masih buruknya tingkat kesenjangan ekonomi, dan stagnasi penurunan kemiskinan.

“Kalau kita lihat rasio komponen pertumbuhan ekonomi, misalnya investasi terhadap penyerapan tenaga kerja kita, (angkanya) turun jika dibandingkan sepuluh tahun lalu,” ungkapnya.

Di samping itu, Kholid juga menyoroti peran penting pertumbuhan ekonomi berkualitas terhadap visi pemerintahan baru, yaitu Indonesia Emas 2045. Namun membutuhkan upaya ekstra.

“Demi tercapainya Indonesia Emas 2045 dan supaya lepas dari middle income trap, target pertumbuhan ekonomi 8 persen itu harus berkualitas," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI