Jelang Nataru, Pemprov Jakarta Awasi Produk Pangan di Enam Pasar Tradisional

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 04:24 WIB
Ilustrasi pasar tradisional
Ilustrasi pasar tradisional

SinPo.id -  Sebanyak 50 personel gabungan Sudin KPKP, PPKUKM, aparatur kelurahan dan kecamatan, Babinsa Bimaspol, Satpol PP dan Korwas Polda Metro Jaya, mengawasi produk pangan di enam pasar di wilayah Jakarta Timur pada Selasa 22 Oktober 2024.

Kegiatan dipimpin langsung Wali Kota Muhammad Anwar didampingi pejabat terkait antara lain, Sekretaris Kota Kusmanto, Plt Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian KPKP Jakarta Timur, Iwan Indriyanto, serta Camat Ciracas Yus Wil Rasyid.

Menurut Anwar, pengawasan ini untuk antisipasi peredaran produk pangan yang mengandung zat kimia berbahaya.

"Kita pastikan semua produk pangan yang dijual di pasar tradisional ini bebas dari bahan zat kimia berbahaya," kata Anwar.

Anwar menjelaskan, pemeriksaan produk pangan dilakukan secara rutin dengan sistem acak agar hasilnya maksimal dan alami. Karena jika terjadwal maka dikhawatirkan akan bocor terlebih dulu dan hasilnya tidak maksimal.

"Pemeriksaan ini sekaligus untuk mengecek harga komoditas yang ada di pasar," tukasnya.

Plt Kasudin KPKP Jakarta Timur, Iwan Indriyanto mengungkapkan, enam pasar yang dimonitoring hari ini adalah Pasar Ciracas, Pasar Kramat Jati, Pasar Cibubur, Pasar Cijantung, Pasar Jambul dan Pasar Lokbin Makasar.

Total ada 156 sampel produk peternakan dan pertanian diambil dari enam pasar untuk diperiksa di dua mobil laboratorium yang disiagakan di Pasar Ciracas .

Sampel yang diambil terdiri dari komoditas pertanian dan peternakan. Di antaranya: sayur-sayuran, buah-buahan, beras, daging ayam, daging sapi dan kikil.

"Jenis uji yang dilakukan yaitu residu pestisida, formalin, klorin, eber," ungkap Iwan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI