Mendagri Prioritaskan Pilkada Hingga Inflasi Daerah di 100 Hari Pertama Jabatannya

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 22 Oktober 2024 | 22:34 WIB
Mendagri Tito Karnavian (SinPo.id/Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian (SinPo.id/Kemendagri)

SinPo.id - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan bahwa fokus utama selama 100 hari kerjanya ialah pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. 

"Yang utama sekali itu pilkada. Itu yang paling utama karena lead dari pemerintah itu Kemendagri. Pilkada kami konsentrasi penuh di situ," kata Tito kepada wartawan, Selasa, 22 Oktober 2024.

Selain itu, Tito mengatakan bahwa setelah penyambutan dua wakil menteri baru di Kantor Kementerian Dalam Negeri, bakal menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang dilakukan setiap pekan. 

"Program ini akan berhenti apabila Presiden Prabowo Subianto menghendakinya," tuturnya. 

Kemendagri, kata Tito, juga akan melakukan pengecekan harga di lapangan secara rutin. "Dengan adanya dua wakil menteri, kami dapat berbagi tugas untuk ke daerah," ujarnya. 

Dia juga menegaskan dukungan Kemendagri terhadap program hilirisasi, industrialisasi, dan ketahanan pangan, yang akan berjalan paralel dengan kementerian teknis.

"Meski beban ini berada di Kemendagri, kami tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah sebagai pembina, pengawas, dan koordinator," tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI