Wamendagri: Aktivasi Desk Pilkada Penting Menjelang Pemilihan 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 22 Oktober 2024 | 21:53 WIB
Bima Arya di Hambalang (SinPo.id/ Firdausi)
Bima Arya di Hambalang (SinPo.id/ Firdausi)

SinPo.id - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto menekankan perlunya mengaktifkan desk pilkada di daerah untuk memastikan kelancaran pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Kami menyampaikan arahan dari Menteri Dalam Negeri untuk melakukan monitoring terkait desk pilkada, agar kita semua melakukan pengawasan dan antisipasi potensi-potensi konflik yang ada," kata Bima kepada wartawan, Selasa, 22 Oktober 2024.

Menurut dia, Kemendagri berkomitmen untuk memantau perkembangan dan mengoordinasikan data dari desk pilkada. Dia pun menyoroti pentingnya menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan mengantisipasi rendahnya partisipasi pemilih.

"Selalu di-update, selalu dilaporkan melalui desk pilkada kepada kami setiap perkembangan yang ada sekecil apa pun," tambahnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, langkah konkret akan diambil untuk mengoordinasikan data dari desk pilkada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. 

"Mitigasi terhadap potensi-potensi konflik perlu dilakukan. Stabilitas dan situasi yang kondusif di daerah harus menjadi perhatian bersama," ungkap Bima.

Bima juga meminta kepala dinas dan pihak terkait untuk menyampaikan arahan kesiapan desk pilkada kepada kepala daerah, termasuk penjabat. 

"Tolong dilaporkan ke Pak Pj. untuk menindaklanjuti arahan dari Bapak Menteri Dalam Negeri agar kami semua jajaran di Kemendagri fokus mengawasi pilkada," tandasnya. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI