Presiden Ukraina Paparkan Lima Poin Rencana Kemenangan untuk Melawan Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 17 Oktober 2024 | 11:51 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (SinPo.id/AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengungkap lima poin Rencana Kemenangan yang menurutnya sangat dinanti-nantikan dan dapat mengakhiri perang pada akhir tahun depan. 

Poin utama dalam rencana tersebut yakni, undangan untuk bergabung dengan NATO dan dukungan senjata khusus dari sekutu barat yang dibahas Zelensky dengan para pemimpin AS, Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman dalam sebuah tur singkat.

Kemudian, poin ketiga rencana tersebut menyerukan mekanisme pencegahan non-nuklir dengan kekuatan untuk menghancurkan militer Rusia.

"Ada tambahan rahasia untuk poin ketiga, yang tidak dapat diungkapkan," kata Zelenskyy, dilansir dari The Independent, Kamis 17 Oktober 2024.

Sementara dukungan Barat dalam mempertahankan sumber daya alam Ukraina dari serangan Rusia, di samping janji rekonstruksi pascaperang dari sekutu barat, merupakan bagian sisa dari rencana tersebut. 

Diketahui, Rusia telah menembakkan sejumlah pesawat nirawak ke Kyiv dan wilayah Ukraina lainnya pada Rabu malam, 51 dari 136 pesawat nirawak yang ditembakkan, berhasil ditembak jatuh oleh angkatan udara Ukraina di 14 wilayah.

Dari pesawat nirawak yang tersisa, 60 tidak diketahui keberadaannya, 20 masih berada di langit Ukraina, dan tiga tidak diketahui nasibnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI