Rapat Paripurna DPR Setujui Herindra Calon Kepala BIN Baru

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 17 Oktober 2024 | 11:36 WIB
Wamenhan Herindra resmi disetujui menjadi Kepala BIN baru. (Ashar/SinPo.id)
Wamenhan Herindra resmi disetujui menjadi Kepala BIN baru. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Rapat Paripurna DPR RI resmi menyetujui Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024 Herindra menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Keputusan ini diambil dalam rapat paripurna persetujuan dan pertimbangan pemberhentian dan pengangkatan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani di gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis, 17 Oktober 2024. Turut hadir dalam agenda ini Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal.

Rapat diawali dengan laporan Wakil Ketua DPR Korpolkam Sufmi Dasco Ahmad mengenai pertimbangan Kepala BIN baru. Dasco membacakan surat presiden mengenai pengangkatan Kepala BIN baru hingga laporan tentang fit and proper test Herindra kemarin.

Selanjutnya, Puan meminta persetujuan DPR atas pengangkatan Herindra sebagai Kepala BIN baru. Semua anggota DPR menyetujui nama Herindra.

"Apakah laporan tim DPR RI yang memutuskan bahwa Saudara Muhammad Herindra layak sebagai Kepala BIN menggantikan Saudara Budi Gunawan dapat disetujui?" ujar Puan.

"Setuju," jawab anggota Dewan yang lain. Puan kemudian mengetuk palu tanda persetujuan.

Sebelumnya, Herindra sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kemarin yang dipimpin oleh Puan. Puan menyebut, berdasarkan hasil fit and proper test tersebut, DPR menyepakati Herindra sebagai calon Kepala BIN.

"Ya alhamdulillah kami baru saja pimpinan DPR bersama dengan tim, tim perwakilan dari semua fraksi, delapan fraksi yang ada di DPR, melakukan pertimbangan atau fit and proper terkait dengan calon Kepala BIN atas nama Bapak Muhammad Herindra," kata Puan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Dia mengatakan tim yang melakukan uji kelayakan telah sepakat Herindra menjadi Kepala BIN. Dia mengatakan Herindra akan dilantik oleh Prabowo Subianto setelah resmi menjadi Presiden.

"Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden yang akan datang, yaitu Presiden Prabowo Subianto," ujarnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI