Timnas Kalah dari China, Jokowi: Tetap Semangat, Kita Masih Punya Peluang

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 16 Oktober 2024 | 13:24 WIB
Ilustrasi Presiden Jokowi menonton timnas Indonesia. (SinPo.id/Setpres)
Ilustrasi Presiden Jokowi menonton timnas Indonesia. (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta skuad Timnas Indonesia tetap semangat menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga Grup C, meski menelan kekalahan dari China dengan skor 2-1.

Menurut Jokowi, timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos kualifikasi piala dunia. 

"Yang paling penting tetap semangat. Karena kita masih memiliki peluang besar untuk masuk ke ronde berikutnya," kata Jokowi di Sumatera Utara, Rabu, 16 Oktober 2024. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, menang atau kalah itu merupakan hal biasa dalam pertandingan sepakbola. Dan, menurunnya kualitas permainan, juga hal yang lumrah. 

"Ya namanya bola itu ada menang, kadang-kadang ada kalah, kadang-kadang drop itu biasa," katanya.

Diketahui, timnas Indonesia menelan kekalahan dari China usai ditaklukkan 2-1 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 19.00 WIB.

Jalannnya pertandingan, Timnas Indonesia  tertinggal pada babak pertama dengan skor 0-2. China mencetak gol melalui Behram Abduweli pada menit ke-23 dan Yuning Zhang menit ke-44.

Sementara skuad Garuda mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-86 melalui sepakan Thom Haye.

Dengan hasil ini, skuad Garuda berada di peringkat 5 dan China menjadi juru kunci di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga Grup C. Poin sama-sama tiga, tapi pasukan Shin Tae-yong unggul selisih gol. 

Setelah ini, Timnas Indonesia akan kembali berjuang dengan menjamu Jepang pada 15 November dan Arab Saudi 19 November 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI