Pasukan Israel Kepung Konvoi Kendaraan PBB di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 11 September 2024 | 08:18 WIB
Sumber: AFP
Sumber: AFP

SinPo.id -  PBB melaporkan, konvoi kendaraan lapis baja milik mereka di Gaza, yang ditandai dengan tulisan "PBB", dikepung dan ditodong senjata oleh pasukan Israel yang berusaha untuk menginterogasi dua staf PBB.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric, mengatakan kendaraan mereka dihentikan di sebuah pos pemeriksaan yang menghubungkan Gaza tengah dan utara. Padahal para staff PBB tersebut sedang dalam perjalanan untuk membantu kampanye vaksinasi polio bagi ribuan anak Palestina.

"Insiden tersebut adalah contoh terbaru dari bahaya dan hambatan yang tidak dapat diterima yang dialami oleh personel kemanusiaan di Gaza," jata Dujarric, dilansir dari CNA, Rabu 11 September 2024.

Ia juga melaporkan bahwa perilaku pasukan IDF sangat membahayakan keselamatan para staf PBB yang bertugas di Gaza. Karena cara mereka menghentikan kendaraan PBB sangat mengancam nyawa.

"Konvoi itu kemudian didekati oleh tank dan buldoser IDF, yang kemudian menabrak kendaraan PBB dari belakang dan depan, dengan staf PBB yang masih berada di dalamnya," ungkapnya.

"Satu buldoser menjatuhkan puing-puing pada kendaraan pertama, sementara tentara Israel mengancam staf, sehingga mereka tidak dapat keluar dari kendaraan dengan aman," kata Dujarric menambahkan.

Sebelumnya, program Pangan Dunia PBB juga menghentikan sementara pergerakan karyawannya di Gaza, lantaran kendaraan mereka ditembak dengan sedikitnya 10 peluru saat mendekati pos pemeriksaan militer Israel. Padahal, PBB telah memberikan tanda yang jelas pada kendaraan mereka.

 sinpo