Buka PON XXI Aceh-Sumut, Jokowi: Ajang Mempererat Persatuan dan Persaudaraan

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 09 September 2024 | 22:36 WIB
Presiden Jokowi membuka penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 (SinPo.id/YouTube Setpres)
Presiden Jokowi membuka penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 (SinPo.id/YouTube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Provinsi Banda Aceh, Senin, 9 September 2024 malam.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Provinsi Banda Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON ke XXI 2024.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih, teurimong gaseh untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat aceh yang menjadi tuan rumah," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa PON merupakan pesta olahraga terbesar di Indonesia. Pada ajang ini juga melahirkan banyak atlet terbaik bangsa, pemecah rekor dunia, hingga calon peraih medali emas di ajang kompetisi olahraga seperti Asian Games, SEA Games, hingga Olimpiade.

Selain itu, Jokowi juga menyebut PON sebagai ajang untuk mempererat persatuan negara, dan memperkokoh tali persaudaraan sebagai bangsa. Untuk itu, Jokowi berpesan agar berkompetisi secara sportif.

"Saya titip betul pegang teguh sportifitas dan fairplay. Mari kita rayakan PON ini dengan semangat kebersamaan semangat sportifitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri," tandasnya.

Jokowi didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dan serta beberapa pejabat lainnya.sinpo