Pesawat Nirawak Rusia Dilaporkan Masuki Wilayah Udara Dua Anggota NATO

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 09 September 2024 | 09:50 WIB
Pesawat nirawak. (SinPo.id/AP)
Pesawat nirawak. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Sebanyak dua anggota NATO mengatakan, pesawat nirawak Rusia melanggar wilayah udara mereka, karena satu pesawat dilaporkan terbang ke Rumania saat serangan malam hari di negara tetangga Ukraina, dan yang lain jatuh di Latvia timur pada hari sebelumnya.

"Sebuah pesawat nirawak memasuki wilayah Rumania pada hari Minggu dini hari ketika Moskow menyerang target sipil dan infrastruktur pelabuhan di seberang Sungai Danube di Ukraina," kata Kementerian Pertahanan Nasional Rumania melaporkan. Dilansir dari AP, Senin 9 September 2024.

Pihaknya mengatakan bahwa saat ini penyelidikan terkait pesawat nirawak tersebut sedang dilakukan di daerah tak berpenghuni di sepanjang perbatasan Rumania-Ukraina. Namun tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan.

Mircea Geoană, wakil sekretaris jenderal NATO yang akan segera lengser dan mantan diplomat tinggi Rumania, mengatakan aliansi militer mengutuk pelanggaran Rusia terhadap wilayah udara Rumania. 

"Meskipun kami tidak memiliki informasi yang menunjukkan serangan yang disengaja oleh Rusia terhadap Sekutu, tindakan ini tidak bertanggung jawab dan berpotensi berbahaya," tulisnya di platform media sosial X.

Sementara Menteri Pertahanan Latvia Andris Sprūds, juga melaporkan bahwa sebuah pesawat nirawak Rusia jatuh sehari sebelumnya di dekat kota Rezekne, dan kemungkinan telah menyimpang ke Latvia dari negara tetangga Belarus.

Namun, militer Latvia mengatakan tidak ada indikasi bahwa Moskow atau Minsk dengan sengaja mengirim pesawat nirawak ke negara itu, dan saat ini penyelidikan sedang berlangsung.sinpo