Prabowo Kunker ke Malaysia, Diawali dengan Bertemu Sultan Ibrahim

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 07 September 2024 | 18:46 WIB
Prabowo bertemu Raja Malaysia Sultan Ibrahim (SinPo.id/media Gerindra)
Prabowo bertemu Raja Malaysia Sultan Ibrahim (SinPo.id/media Gerindra)

SinPo.id - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menemui Raja Malaysia Yang Maha Mulia Seri Paduka Baginda Yang Di-Pertuan Agong, Sultan Ibrahim dalam agenda pertamanya mengunjungi Malaysia, Sabtu, 7 September 2024.

Berbagai isu strategis menjadi agenda utama yang dibicarakan oleh keduanya. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan komitmennya untuk menggali lebih banyak potensi kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. 

“Saya menghargai hubungan kuat antara kedua negara kita dan akan terus berusaha meningkatkan kerja sama, terutama dalam bidang pertahanan," kata Prabowo. 

"Saya menghargai harapan baik Anda dan berharap kemitraan kita terus berkembang untuk kepentingan bersama,” sambung dia. 

Kedua tokoh ini merupakan sahabat lama. Persahabatan Prabowo dan Sultan Ibrahim telah terjalin lebih dari 40 tahun, ketika menempuh pendidikan militer bersama di Fort Bragg, Amerika Serikat.

Selain itu, dalam pertemuan yang hangat ini keduanya juga berharap komitmen kerja sama antara negara akan kembali kukuh lewat pertemuan General Border Committee (GBC) Malindo ke-44 yang sebentar lagi bakal terselenggara. 

Selain mengunjungi Negeri Jiran, Prabowo juga melakukan kunjungan kerja ke empat negara lainnya untuk menemui para pemimpin negara masing-masing, yaitu Brunei Darussalam, Laos, dan Kamboja, serta kunjungan pribadi ke Thailand untuk menemui eks Perdana Menteri, Thaksin Shinawatra dan PM Thailand yang baru, Paetongtarn Shinawatra.sinpo