DPR Soroti Penyebab Banyak Perusahaan Tutup hingga Kurangi Karyawan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 06 September 2024 | 11:51 WIB
Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene(SinPo.id/Dok. DPR RI)
Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene(SinPo.id/Dok. DPR RI)

SinPo.id - Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menyoroti berbagai faktor yang menyebabkan banyak perusahaan di Indonesia mengalami kesulitan, termasuk penutupan dan pengurangan tenaga kerja. 

“Kita harus melihat efek dari apa yang menyebabkan perusahaan-perusahaan ini tutup atau mengurangi tenaga kerja. Ada banyak faktor yang berperan, termasuk pengawasan yang lemah dan kondisi manufaktur yang semakin menekan mereka," kata Felly, dalam keterangan persnya, dikutip pada Jumat, 6 September 2024.

Ia juga menyoroti persoalan angkatan kerja baru yang semakin banyak setiap tahunnya karena bonus demografi. Namun sebagian dari mereka memiliki kesiapan dan keterampilan yang matang.

Felly juga menyampaikan keprihatinannya terhadap perusahaan yang menerapkan kebijakan “on-off” bagi karyawannya, di mana pekerja tidak memiliki kepastian terkait status pekerjaan mereka.

“Kami mencatat semua persoalan ini di Komisi IX, dan kami akan berupaya mencari solusinya. Jika diperlukan revisi undang-undang, kami siap membahasnya untuk memastikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja dan perusahaan,” tuturnya.sinpo