KINERJA RETNO MARSUDI

Bawa Citra Positif Indonesia, Komisi I DPR Apresiasi Kinerja Menlu Retno Marsudi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 05 September 2024 | 21:38 WIB
Menlu Retno Marsudi (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menlu Retno Marsudi (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah angkat topi dengan kinerja Kementerian Luar Negeri (Kemlu) di bawah kepemimpinan Retno Marsudi. Berkat kinerja Kemlu citra Indonesia di dunia internasional sekarang cukup baik.

"Pertama, tentu rapat ini adalah rapat kedua sebelum terakhir dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dari komisi I lumayan banjir apresiasi," kata Rizki kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Rizki mengatakan hal yang menjadi apresiasi Komisi I DPR RI, yakni karena Kemlu sudah mendapatkan anggaran tambahan sekitar 11 persen dari yang sebelumnya didapatkan, untuk 2025. Menurutnya, hal ini merupakan langkah yang luar biasa dan tentu sulit. Terlebih di masa ekonomi Indonesia yang cukup sulit.

"Tentu pertimbangan-pertimbangan ini saya yakin Presiden, Menteri Keuangan, Kementerian Luar Negeri sudah lalui," kata dia.

Legislator dari Fraksi Partai Demokrat ini mengungkapkan dengan naiknya anggaran tersebut segenap Komisi I DPR RI berharap penambahan anggaran yang sudah didapat oleh Kemlu bisa memenuhi hak hidup dari para perwakilan kita di luar negeri.

"Tentu kita harus bisa penuhi kesejahteraannya. Terutama mereka yang tinggal di daerah yang sangat mahal. Ini kedua yang perlu kita tekankan," kata dia.

Tak hanya itu, kata dia, Komisi I DPR berkeyakinan Kemlu berkoordinasi secara aktif dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Mengingat, ada keterbatasan fiskal negara yang juga harus menjadi pertimbangan.

"Indonesia sedang di tengah gejolak ke ekonomi global. Terutama di tengah isu (wabah) Mpox seperti ini. Jawaban dari Bu Menteri tentu menyegarkan, dan ini penampilan kedua sebelum terakhir Bu Menteri Luar Negeri di Komisi I sebelum beliau turun dari jabatan bersama Pak Presiden. Tentu semangatnya kita dapatkan," tegasnya.sinpo