PRABOWO BERTEMU SULTAN BRUNEI

Temui Sultan Hassanal Bolkiah, Prabowo Undang Perwira Brunei Belajar di Unhan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 05 September 2024 | 20:13 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat bertemu Sultan Hassanal Bolkiah (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto saat bertemu Sultan Hassanal Bolkiah (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menemui Sultan Brunei Darussalam, Yang Maha Mulia Seri Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, Kamis, 5 September 2024.

Sejumlah isu strategis, terutama bidang pertahanan menjadi topik yang dibahas keduanya. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan keinginannya untuk memperkuat kerja sama bidang tersebut lewat sejumlah sektor. 

Salah satu yang disorot Prabowo adalah sektor pendidikan. Ia pun mengundang lebih banyak perwira Brunei Darussalam untuk menempuh pendidikan di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (The Republic of Indonesia Defence University/RIDU). 

“Dengan senang hati kami mengundang para perwira Angkatan Bersenjata Brunei untuk mendaftar di program magister yang ditawarkan di RIDU,” kata Prabowo.

Adapun hingga kini Universitas Pertahanan telah menerima mahasiswa internasional dari berbagai negara, termasuk satu perwira Brunei yang telah lulus pada tahun 2014. 

Selain itu, Kementerian Pertahanan juga tengah menyiapkan Universitas Pertahanan menjadi lembaga yang berorientasi pada penelitian dan berkelas dunia. 

Selain pendidikan, Presiden terpilih 2024-2029 itu juga mengutarakan minatnya menjajaki peluang kerja sama industri pertahanan. Ia meyakini teknologi dan keahlian yang dimiliki Indonesia dan Brunei Darussalam dapat memenuhi kebutuhan keduanya. 

“Saya yakin bahwa dengan berbagi teknologi dan keahlian, kita dapat bekerja sama mengembangkan sistem dan peralatan pertahanan yang memenuhi kebutuhan spesifik kita,” tutur Prabowo. 

Usai pertemuan, Prabowo dijamu makan siang oleh Sultan Hassanal Bolkiah.  Prabowo kemudian dijadwalkan meninggalkan Brunei Darussalam untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke Laos.sinpo