PILGUB JAKARTA

PAN Ingin Cagub dan Cawagub Jakarta Beradu Ide Atasi Polusi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 05 September 2024 | 18:56 WIB
Politisi PAN Eddy Soeparno (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Politisi PAN Eddy Soeparno (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendorong calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Jakarta 2024 beradu gagasan terkait penyelesaian masalah polusi udara. Penanganan persoalan ini diprioritaskan oleh pemimpin Jakarta ke depan.

"Ini kesempatan bagi warga Jakarta untuk memilih calon yang memiliki komitmen yang kuat serta siap dengan ide dan gagasan untuk mengatasi polusi udara yang beberapa waktu ini semakin memburuk dan membahayakan," kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Politikus PAN ini mengatakan calon yang diusung partainya, yakni Ridwan Kamil dan Suswono memiliki komitmen terintegrasi untuk mengatasi polusi udara di Jakarta.

Dia menyebut selama dua tahun kota metropolitan ini dihadapkan dengan masalah polusi udara yang tak kunjung mereda.

"Ketika deklarasi RK-Suswono, kami dari PAN langsung berikan masukan bahwa prioritas mengatasi polusi udara di Jakarta. Kenapa? Karena hampir 2 tahun ini Jakarta selalu masuk kota dengan predikat juara dunia polusi," katanya.

"Alhamdulillah masukan itu diterima Kang Emil dan Pak Suswono yang berkomitmen memprioritaskan langkah untuk mengatasi polusi udara di Jakarta dan memberikan ruang yang lebih sehat untuk warga," timpal dia.

Menurut Eddy, PAN akan terus memberikan masukan bagi Ridwan Kamil dan Suswono, khususnya dalam koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian dan lembaga terkait. Dia menyebut diperlukan koordinasi antara satu pihak dengan yang lainnya.

"Gubernur DKI Jakarta terpilih nantinya harus langsung melakukan koordinasi intens dengan pemerintah pusat untuk bergerak cepat mengatasi polusi udara di Jakarta. Selain itu koordinasi juga harus dilakukan dengan kepala daerah di wilayah sekitarnya," ujar Eddy.

"Masukan-masukan ini yang nantinya akan terus PAN berikan pada Ridwan Kamil-Suswono untuk bergerak cepat mengatasi polusi udara di Jakarta dengan langkah yang tepat dan terukur dan dalam satu frekuensi yang sama dengan kementerian/lembaga di tingkat pusat," ucap Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini.sinpo