GENG WNI MERESAHKAN

DPR Dorong KBRI Memediasi PMI Jepang yang Bikin Geng Meresahkan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 05 September 2024 | 19:26 WIB
Geng WNI di Jepang (SinPo.id/ Tangkapan layar)
Geng WNI di Jepang (SinPo.id/ Tangkapan layar)

SinPo.id - Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini mendorong KBRI hadir untuk menyelesaikan permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang yang membentuk geng hingga meresahkan masyarakat sekitar. 

KBRI harus memediasi para pekerja migran Indonesia yang berada di Jepang. Sebab, salah satu tugas KBRI di seluruh dunia ini adalah menangani persoalan WNI.

"Itulah eksistensi perwakilan negara di negara-negara sahabat," kata Jazuli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 5 September 2024.

Dia mengungkapkan KBRI perlu memperjelas situasi tersebut dengan melalui mediasi. Sebab, ada potensi kejadian tersebut bukan ulah PMI melainkan hanya tuduhan.

"Kan banyak juga orang dituduh ketika ada konflik di dalam satu negara antara bangsa Indonesia rakyat atau WNI dengan orang luar, kan juga harus kita lihat, tidak harus serta-merta WNI yang disalahkan. Apa dulu kasusnya? Nah harus ada ruang pembelaan dari KBRI kita," kata politisi Fraksi PKS ini.

Meski demikian, dia mengungkapkan jika nantinya secara hukum terbukti pada akhirnya Indonesia pun perlu terima hukuman yang diberlakukan dari negara terkait.

Maka dari itu, dia berharap warga negara Indonesia (WNI) di manapun berada seyogyanya menjadi warga negara yang santun, yang menjaga perdamaian, menjaga persatuan. Sebab, dasar negara Indonesia hingga konstitusinya mendidik warga di manapun berada.

"Karena itu saya berharap kepada seluruh warga Indonesia, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri, mau di Jepang, mau di mana tetap dia harus menampilkan citra Indonesia dengan citra yang menarik, dengan citra yang indah, dengan citra yang baik. Tidak boleh membuat kegaduhan, membuat gangguan dan ketertiban masyarakat secara umum," tegasnya.sinpo