Diduga Langgar UU Pengendalian Ekspor, AS Sita Pesawat Presiden Venezuela

Oleh: VOA Indonesia
Selasa, 03 September 2024 | 20:51 WIB
Pesawat Dassault Falcon 900EX milik Presiden Venezuela Nicolas Maduro (SinPo.id/AFP)
Pesawat Dassault Falcon 900EX milik Presiden Venezuela Nicolas Maduro (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Pemerintah Amerika Serikat menyita sebuah pesawat yang digunakan oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro, dengan alasan pelanggaran sanksi dan undang-undang pengendalian ekspor. Hal ini disampaikan Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, 2 September 2024.

Para pejabat AS menuduh bahwa pesawat tersebut dibeli secara ilegal melalui sebuah perusahaan cangkang yang berbasis di Karibia dengan harga USD 13 juta dari sebuah perusahaan di Florida, dan diselundupkan ke luar Amerika serikat.

Pejabat di Badan Investigasi Keamanan Dalam Negeri AS (HIS), Anthony Salisbury, mengatakan, “HIS – yang bekerja di bawah koordinasi Biro Industri dan Keamanan di Departemen Perdagangan AS dan pemerintah Dominika – telah menyita pesawat itu di Republik Dominika dan secara resmi membawanya ke AS untuk memulai proses persidangan.”

Pesawat yang didaftarkan di San Marino itu kerap digunakan oleh Maduro untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk lawatannya baru-baru ini ke Guyana dan Kuba.sinpo