Paus Fransiskus Bakal Naik Mobil Maung Saat Sapa Umat Misa Akbar di GBK

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 03 September 2024 | 20:17 WIB
Paus Fransiskus tiba di Indonesia (SinPo.id/BBC)
Paus Fransiskus tiba di Indonesia (SinPo.id/BBC)

SinPo.id - Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian menyebut Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus bakal naik kendaraan taktis buatan dalam negeri 'Maung' saat menyapa jemaat misa akbar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Kamis, 5 September 2024.

Edwin mengatakan, persiapan kendaraan taktis buatan PT Pindad itu sesuai dengan arahan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. 

Dalam prosesnya, kata Edwin, bakal diawasi langsung oleh Komisaris PT Pindad Letjen TNI Purn. Putranto bekerja sama dengan tim dari Takhta Suci Vatikan.

"Paus Fransiskus akan menggunakan mobil nasional buatan PT Pindad, yaitu Maung MV3, untuk inspeksi menyapa umat dalam acara Misa Suci di GBK," ujar Edwin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 3 September 2024. 

"Mobil ini sudah dimodifikasi dengan penambahan rooftop untuk perlindungan dari panas dan hujan," sambungnya. 

Edwin pun berujar, kendaraan mobil Maung tersebut sudah disiapkan sejak bulan Mei 2024, dalam rangka menyambut kunjungan bersejarah Paus Fransiskus di Indonesia. 

"Kami berharap persiapan ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal bagi Paus Fransiskus selama kunjungannya di Indonesia," tandasnya. 

Seperti diketahui, Paus Fransiskus tiba di Indonesia hari ini. Pemimpin gereja Katolik dunia dan Kepala Negara Vatikan itu memulai lawatannya di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat yang ditumpangi Paus Fransiskus tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 3 September 2024, sekitar pukul 11.26 WIB.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo, hingga Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Ignasius Jonan bakal menyambut Paus Fransiskus.sinpo