DPR Tekankan Urgensi Reinterpretasi Gerakan Non-Blok dalam IAPF

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 02 September 2024 | 22:19 WIB
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/EMedia DPR)
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/EMedia DPR)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, menekankan urgensi reinterpretasi Gerakan Non-Blok dalam Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) yang digelar di Nusa Dua, Denpasar, Bali.

”Dukungan kita untuk kenetralan yang ’positif’ harus lebih lantang, maksudnya kita harus melawan rezim global saat ini yang lebih memihak negara-negara besar atau mereka yang didukung oleh mereka dan mengabaikan yang lain,” kata Fadli, dalam keterangan persnya, Senin 2 September 2024.

Ia juga menyoroti banyaknya keluhan global akibat ketidakadilan, perang, persaingan negara-negara besar, dan kesenjangan ekonomi dan sosial terus berlanjut, sehingga menghambat langkah untuk membangun dunia yang adil, damai, dan inklusif bagi semua.

Selain itu, Fadli menyerukan untuk terus mengadvokasi perdamaian global dan keadilan bagi Palestina.

”Saya berharap forum ini dapat menjadi sarana untuk membangun kerja sama parlemen yang lebih kuat untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina, menyuarakan harapan kemerdekaan mereka dan mewujudkannya sebagai bagian dari komitmen kita terhadap kemanusiaan dan solidaritas serta melawan ketidakadilan," tandasnya.sinpo