Demokrat: Kepercayaan Jokowi Terhadap Prabowo Rasional

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 02 September 2024 | 21:51 WIB
Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto (SinPo.id/Media Gerindra)
Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto (SinPo.id/Media Gerindra)

SinPo.id - Anggota DPR Fraksi Demokrat, Irwan, menilai keyakinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Presiden terpilih Prabowo Subianto sangat rasional. Termasuk, kepercayan Jokowi jika Prabowo akan melanjutkan hilirisasi hingga pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

"Keyakinan Presiden Jokowi tentang komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan hilirisasi dan pembangunan IKN menurut saya merupakan sebuah harapan dan optimisme dari pak Jokowi kepada kepemimpinan pak Prabowo ke depan," kata Irwan dalam keterangannya, Jakarta, Senin, 2 September 2024.

Irwan menyebut keyakinan Jokowi itu sangat rasional. Menurutnya, hilirisasi dan pembangunan IKN masuk ke program prioritas Prabowo Subianto.

"Keyakinan itu sangat rasional mengingat hilirisasi dan kelanjutan pembangunan IKN masuk dalam asta cita dan 17 prioritas program pak Prabowo Subianto," ucap dia.

Selain itu, Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini juga yakin Prabowo akan melanjutkan itu karena Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA) dengan berbagai potensinya untuk hilirisasi. Terlebih, kata dia, hilirisasi pada sektor ekonomi kerakyatan.

"Indonesia kaya sekali akan sumber daya alam dan sangat potensial untuk dilakukan hilirisasi, terutama yang sangat dekat dengan ekonomi rakyat seperti produk-produk pertanian dan perkebunan termasuk yang sekarang eksisting seperti produk sawit, migas dan pertambangan," ujar dia.

"Begitu pun IKN yang sudah berjalan untuk kawasan inti pusat pemerintahan tentu ini akan dituntaskan sambil mengembangkan IKN dengan optimalisasi pembangunan dari sektor swasta dalam dan luar negeri," timpalnya.

Irwan juga menambahkan beberapa hal yang penting untuk diperhatikan berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup dan kehutanan. Menurutnya, Prabowo sempat berkomitmen untuk melaksanakan ekonomi hijau hingga harmonisasi lingkungan.

"Hal mendesak lainnya adalah menjamin pelestarian lingkungan hidup dan hutan. Pak Prabowo komitmen untuk pelaksanaan Ekonomi Hijau dan memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam dan budaya dengan masyarakat termasuk masyarakat hukum adat," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan kepercayaannya dengan kepemimpinan Prabowo Subianto pada periode mendatang. Prabowo diyakini akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan Jokowi. Termasuk, kata Jokowi, keberlanjutan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saya merasa bisa saling percaya dengan Bapak Prabowo Subianto, termasuk rasa percaya saya bahwa ke depan dengan kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto Indonesia dengan keberlanjutannya akan mampu meraih cita-cita Indonesia Maju, Indonesia Emas di 2045," kata Jokowi dalam Rapimnas Partai Gerindra di Indonesia Arena GBK, Jakarta Pusat.

"Saya sangat meyakini itu, insyaallah, semuanya sesuai yang kita cita-citakan, yaitu Indonesia Emas di tahun 2045," kata Jokowi menambahkan.sinpo