Rekayasa dan Pengalihan Lalin saat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Laporan: Firdausi
Senin, 02 September 2024 | 19:49 WIB
Ilustrasi pengaturan lalu lintas (SinPo.id/ NTMC Polri)
Ilustrasi pengaturan lalu lintas (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Karo PID Divisi Humas Polri Brigjen Tjahyono Saputro mengungkapkan, ada 1.400 bus yang akan digunakan para jemaat untuk menghadiri Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024. Kegiatan yang dihadiri 90 ribu jemaat itu akan dimulai pada jam 17.00 WIB. 

"Dari data yang kami dapat ada 1.400 bus yang digunakan para jemaat ke GBK mulai pukul 10.00 WIB. Kami juga sudah menyiapkan kantong-kantong parkir agar tidak menggangu pengguna jalan lainnya," kata Tjahyono, Senin, 2 September 2024. 

Sebelum ke GBK, kata Tjahyono, Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan Gedung Konferensi Waligereja Indonesia. 

Di dua lokasi tersebut, pihak kepolisian sudah menyiapkan rute-rute yang dilalui dari keberangkatan hingga kepulangan Paus Fransiskus kembali Nunsiatura Apostolik. 

"Kami juga sudah menyiapkan beberapa rute utama dan rute alternatif yang akan dilewati oleh Paus Fransiskus," tutur Tjahyono. 

Tjahyono mengatakan, pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di dua lokasi tersebut. 

Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar GBK secara situasional pada 5 September 2024: 

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi. 

- Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju arah Jalan Gerbang Pemuda. 

- Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi. 

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya. 

- Arus lalu lintas dari arah jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar. 

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau. 

- Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.sinpo