PILKADA SERENTAK 2024

RK Akui Sudah Minta Maaf soal Kicauan di Twitter

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 31 Agustus 2024 | 01:11 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

SinPo.id -  Sejumlah postingan lama bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta, Ridwan Kamil, viral di media sosial. Menurut Ridwan Kamil, sosoknya dahulu berbeda dengan yang sekarang setelah menjadi pejabat publik.

“Saya dulu dengan yang sekarang setelah menjadi pejabat publik ‘kan beda," kata Ridwan Kamil dalam dialog di Golkar Institute bertajuk Kepemimpinan Transformatif Berbasis Karya yang diikuti secara daring dari Jakarta, Jumat 30 Agustus 2024.

Selama proses pendaftaran tahapan Pilkada Jakarta 2024, warganet mengunggah dan membagikan ulang twit lawas RK, termasuk di antaranya terkait kritik terhadap Kota Jakarta.
Ridwan Kamil mengunggah permintaan maaf lewat akun X resminya @ridwankamil pada Minggu 25 Agustus 2024.

"Saya dulu memang pemarah, twit lawasnya muncul lagi,” ujarnya.

Ridwan Kamil tidak mempermasalahkan twit lamanya yang kembali diungkit oleh warganet.
Menurut dia, hal tersebut biasa terjadi dalam proses kontestasi politik. “Lagi kontestasi mah orang nyari jelek. Enggak masalah,” ujarnya.

Mantan gubernur Jawa Barat itu mengaku
telah meminta maaf atas cuitan lamanya itu.
Dia mengaku telah bertransformasi.

“Sebenarnya saya sudah minta maaf. Sudah minta maaf tiga kali. Minta maaf di 2013, waktu nyalon wali kota. Udah minta maaf 2018, kok muncul lagi? Minta maaf lagi kemarin, 2024,” katanya.

Dia mengaku pernah menjadi bagian dari masyarakat yang mengekspresikan pendapat lewat aksi demonstrasi. Dia memutuskan masuk ke dalam sistem pemerintahan untuk memperbaiki keadaan yang juga membentuk dirinya sebagai pribadi bijak.

“Dulunya saya 'kan tukang demo juga, tapi saya harus mengubah negeri ini melalui masuk ke sistem. Setelah [masuk] sistem ‘kan enggak ada konten-konten twit yang kontroversi karena saya sudah bertransformasi: lebih bijak, lebih terukur,” ujarnya.

Untuk diketahui,  Ridwan Kamil merupakan bakal calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 yang berpasangan dengan Suswono sebagai bakal calon wakil gubernur.  Pasangan RK-Suswono didukung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, Prima, dan Partai Kebangkitan Nusantara.
sinpo