Resmikan Bendungan Leuwikeris, Jokowi: Ini Paling Besar Biayanya Rp3,5 T

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 29 Agustus 2024 | 13:59 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Leuwikeris. (SinPo.id/YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Leuwikeris. (SinPo.id/YouTube Sekretariat Presiden)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada, Kamis, 29 Agustus 2024. Bendungan ini dibangun selama delapan tahun, dengan menghabiskan anggaran mencapai Rp 3,5 triliun. 

"Dibangun sejak tahun 2016, berarti sudah 8 tahun yang menghabiskan anggaran 3,5 triliun rupiah. Ini bendungan, dari 45 bendungan yang sudah saya resmikan, ini adalah bendungan yang menelan biaya paling besar," kata Jokowi dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan, rata-rata bendungan yang dibangun pemerintah, menelan anggaran sekitar Rp 800 mliar, Rp 1 triliun, atau Rp 1,5 triliun. Namun, untuk bendungan Leuwikeris menghabiskan Rp 3,5 triliun. 

Karenanya, lanjut Jokowi, bendungan Leuwikeris memiliki luas genangan sebesar 245 hektare. Kemudian, volume daya tampungnya juga sangat besar yakni, 81 juta meter kubik air.

Kepala Negara berharap, bendungan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk irigasi, pengendalian banjir, serta pembangkit listrik.

"Sudah dihitung, ini dapat mengairi daerah irigasi seluas 11.200 hektare, sangat besar sekali manfaatnya bagi para petani," kata Jokowi. sinpo