698 Jiwa Terdampak Banjirdi Bone Bolango

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 27 Agustus 2024 | 01:16 WIB
Banjir di Bone Bolango
Banjir di Bone Bolango

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan
intensitas curah hujan sedang hingga lebat sejak Senin dini hari yang melanda hampir seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyebabkan debit air dari saluran warga serta beberapa anak sungai meluap.

"Menyebabkan 698 jiwa terdampak banjir pada Senin pukul 07.00 WITA," kata dia dalam keterangannya.

Banjir  ini menyebabkan tujuh desa yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu, Kecamatan Bone, Kecamatan Bone Pantai dan Kecamatan Suwawa Selatan di Kabupaten Bone Bolango terdampak akibat peristiwa ini.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat sebanyak 698 jiwa terdampak dan mengungsi ke rumah sanak saudara yang tidak terkena banjir, sementara untuk kerusakan sarana dan pra sarana masih terus dilakukan pendataan. 

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango  terus berkoordinasi dengan dinas terkait  sertan pemerintah kecamatan dan desa setempat untuk melakukan pendataan korban dan infrastruktur terdampak, kondisi mutakhir yang dilaporkan masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga saat ini," tambahnya.sinpo