Diusung PDIP Maju Pilgub Banten, Airin: Saya Masih Kader Golkar

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 26 Agustus 2024 | 12:09 WIB
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi. (SinPo.id/Sigit Nuryadin)
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi. (SinPo.id/Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany menegaskan, dirinya masih tetap kader Partai Golkar. Meskipun ia bersama calon wakil gubernur, Ade Sumardi, diusung oleh PDI Perjuangan untuk maju pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

"Saya masih kader Golkar dan bagi saya politik adalah tools untuk memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan saya punya prinsip," kata Airin kepada wartawan, Senin, 26 Agustus 2024.

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan ini mengaku, sejak dua tahun lalu dirinya telah mendapat surat penugasan maju Pilgub Banten yang dikeluarkan oleh ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kala itu.

"Saya sudah menjalani semua tugas seperti maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Golkar untuk DPR RI. Alhamdulillah meraih suara tertinggi di daerah pemilihan Banten III," ucapnya.

Namun, akibat terjadinya dinamika politik, Airin memahami sikap DPP Golkar di bawah kepemimpinan Bahlil Lahadalia tak mendukung pencalonannya. 

"Segala kekurangan atas kemarin surat penugasan untuk cari pasangan calon wakil sudah dilakukan. Dan saya dapat pak Ade serta SK sudah keluar pada saat zaman pak Airlangga," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, keputusan pengusungan Airin-Ade Sumardi merupakan hasil kesepakatan bersama dari tingkat Ranting, DPC hingga DPD PDI Perjuangan. 

Menurut Basarah, partainya tak memberi syarat khusus apa pun kepada Airin, termasuk untuk masuk ke dalam internal PDI Perjuangan.

"Kami ingin menunjukkan PDI Perjuangan satu kata dalam perbuatan. Dalam dialog saya dengan Bu Tatu (Ketua DPD Golkar Banten) tak ada satupun kami ingin melakukan negosiasi," kata Basarah.sinpo