PILGUB JATENG

Gerindra Sepakat Usung Taj Yasin Jadi Cawagub Jateng Sebelum Putusan MK

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 23 Agustus 2024 | 18:58 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco (SinPo.id/Ashar)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco menyebut partainya sepakat mengusung Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Kesepakatan mengusung pasangan itu bahkan sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan terkait batas usia pencalonan.

Ini disampaikan Dasco menjawab pertanyaan awak media terkait peluang Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep diusung Gerindra bersama partai politik lainnya pada Pilkada 2024, khususnya pada Pilgub Jateng.

"Ini jujur ya, sebelum ada keputusan judicial review MK, kita sudah berembuk untuk kemudian memasangkan di Jateng Pak Luthfi dengan Gus Yasin," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2024.

Dasco menepis keputusan Gerindra mengusung Taj Yasin Maimoen bukan karena dinamika yang berkembang pascaputusan MK sehingga urung mengusung Kaesang.

"Ya itu kan ada aspirasi-aspirasi dari beberapa usulan, tapi keputusannya bukan karena ini, keputusannya memang sudah dari seminggu lebih yang lalu kita putuskan Pak Luthfi-Yasin," katanya.

Di sisi lain, Dasco tak menampik sempat beredarnya nama Kaesang yang disebut-sebut akan diusung pihaknya pada Pilkada 2024 merupakan sebuah aspirasi yang diterima oleh Gerindra.

"Ya memang, kan memang ada aspirasi, tapi sudah diputuskan itu," ucapnya.

Lagipula, kata Dasco, Gerindra tak mengusung Kaesang karena putra bungsu Presiden Joko Widodo itu sedang di luar negeri. Sehingga tidak mengikuti tahapan pendaftaran calon kepala daerah yang dibuka KPU mulai 27 Agustus 2024.

"Pada saat ini kan Mas Kaesang sedang tidak berada di Indonesia, karena memang ya dia enggak ikut daftar," kata dia.

Gerindra resmi mengusung Taj Yasin Maimoen menjadi calon wakil gubernur mendampingi Ahmad Luthfi dalam Pilkada Jateng 2024. Ahmad Luthfi telah menerima surat rekomendasi dari partai Gerindra.sinpo